Remunerasi Pegawai Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

23 April 2024

-292872.png

Remunerasi pegawai adalah sebuah istilah yang banyak digunakan dalam dunia kerja yang berkaitan dengan imbalan atau penghargaan kepada pegawai. Untuk lebih jelasnya, simak artikel dibawah ini!

Istilah remunerasi mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, istilah ini banyak digunakan dalam dunia kerja yang berhubungan dengan aktivitas kerja. Remunerasi pegawai ini merupakan sebuah konsep yang penting dalam manajemen sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. 

 

Remunerasi ini juga berkaitan dengan kewajiban perusahaan terhadap pegawai yang harus dipenuhi. Disini remunerasi tidak hanya mencakup gaji atau upah yang diterima oleh karyawan saja, namun juga berbagai jenis imbalan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pegawai. Dalam artikel ini kita kan membahas lebih jauh terkait  pengertian, jenis dan juga manfaat dari remunerasi!

 

Pengertian Remunerasi 

 

Pada dasarnya remunerasi adalah pemberian imbalan atau hadiah untuk pegawai dalam bentuk pembayaran gaji, upah, dan juga tunjangan lainya yang merupakan imbalan dari kontribusi pegawai pada perusahaan ataupun organisasi. Bentuk remunerasi sendiri dapat sangat beragam, mulai dari besaran nominal pemberian dan juga metode pembayaran dapat disesuaikan dengan kebijakan setiap perusahaan. 

 

Remunerasi ini juga dilakukan sebagai strategi atau kebijakan perusahaan untuk meningkatkan kinerja pada setiap pegawai agar nantinya dapat mencapai tujuan yang diharap oleh perusahaan tersebut. Adanya remunerasi yang baik ini juga mampu menarik berbagai tenaga kerja yang berkualitas tinggi, berpengalaman, dan memiliki kemampuan yang baik. 

 

Jenis-Jenis Remunerasi Pegawai 

 

Setelah memahami pengertian remunerasi pegawai, maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui berbagai jenis remunerasi pegawai. Apa saja jenis-jenisnya? Berikut penjelasan lengkapnya!

 

1. Gaji   

 

Jenis remunerasi pertama yang banyak dijumpai oleh masyarakat adalah gaji. Disini gaji sendiri merupakan pembayaran tetap yang diberikan pada pegawai setiap bulannya sebagai imbalan atas kinerjanya dalam perusahaan. Untuk besaran nominal gaji pegawai juga bervariasi sesuai dengan  kebijakan yang berlaku. 

 

2. Komisi 

 

Komisi adalah salah satu contoh jenis remunerasi yang diberikan berdasarkan persentase nilai penjualan yang telah dicapai karyawan dalam tenggang waktu tertentu. Jenis remunerasi yang satu ini banyak diterapkan dalam bagian pemasaran dan marketing. 

 

3. Bonus 

 

Selain gaji dan komisi, bonus juga merupakan salah satu jenis remunerasi yang banyak diberikan oleh pegawai pada setiap perusahaan ataupun organisasi. Bonus sendiri diberikan diluar gaji yang diperoleh karyawan pada setiap bulannya. Pada umumnya besaran bonus ini tidak tetap, hal tersebut karena bonus umumnya diberikan setelah pegawai berhasil menyelesaikan target yang telah diberikan oleh perusahaan. Besaran bonus pun dapat berbeda-beda, sesuai dengan pencapaian dan kebijakan perusahaan masing-masing. 

 

4. Insentif Kinerja 

 

Jenis remunerasi yang selanjutnya adalah insentif kinerja, hampir sama dengan bonus insentif kinerja ini umumnya diberikan pada pegawai sebagai apresiasi terhadap prestasi yang diraihnya. Insentif kinerja inni memiliki tujuan untuk mendorong pegawai agar nantinya dapat bekerja dengan lebih maksimal lagi. 

 

Baca juga: Apa Perbedaan Bonus dan Insentif dalam Perusahaan

 

5. Tunjangan 

 

Jenis remunerasi yang dapat diberikan pada pegawai selanjutnya adalah tunjangan. Pemberian tunjangan pada pegawai ini dilakukan diluar gaji tetap karyawan. Jenis remunerasi yang satu ini memiliki tujuan pemenuhan kebutuhan khusus, seperti pemenuhan kebutuhan transportasi, makan, rumah, kesehatan juga hari tua. Tunjangan ini dapat diberikan dalam berbagai bentuk, mulai dari tunai, non tunai, fasilitas, maupun dalam bentuk jaminan.

 

Manfaat Remunerasi 

 

Adanya remunerasi tentunya memiliki banyak manfaat baik bagi pegawai maupun pihak perusahaan. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait manfaat dari adanya remunerasi. 

 

1. Meningkatkan Motivasi 

 

Adanya remunerasi dapat memberikan motivasi dan juga semangat yang tinggi bagi pegawai yang ada dalam perusahaaan. Meningkatnya motivasi kerja pada pegawai ini membantu meningkatkan produktivitas dan juga kualitas kerja yang menjadi lebih baik. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan perusahaan. 

 

2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

 

Seperti yang kita ketahui karyawan merupakan aset berharga yang harus dijaga dalam perusahaan. Tanpa adanya karyawan yang berkualitas tentunya aktivitas kerja dalam perusahaan tidak dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu agar karyawan memiliki kualitas yang tinggi dibutuhkan dukungan dan penghargaan atas kerja keras dan pencapaian yang telah mereka raih sehingga nantinya karyawan memiliki semangat untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. 

 

3. Menarik dan Mempertahankan Bakat Terbaik

 

Adanya remunerasi yang baik cenderung akan menarik dan mempertahankan individu yang berbakat dan berkualitas tinggi dalam bidangnya. Tentunya dengan adanya bakat-bakat terbaik dalam perusahaan nantinya juga dapat membawa dampak baik bagi perusahaan

 

Penutup 

 

Demikian pembahasan terkait pengertian, jenis dan juga manfaat dari remunerasi pegawai. Adanya remunerasi ini tentunya wajib ada untuk memberikan kesejahteraan pegawai yang tentunya sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja sehari-hari. 

 

Untuk mempermudah anda dalam melakukan perhitungan remunerasi pada pegawai, anda dapat menggunakan aplikasi Presensi by GUGU yang telah terintegrasi dengan perhitungan payroll secara otomatis. 

 

Tentunya ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi besaran nominal remunerasi, mulai dari kehadiran, jabatan, durasi kerja, kualitas kerja, dan lain lain. Disini jika perhitungan dilakukan secara manual akan sangat menguras banyak waktu dan tenaga, oleh karena itu dibutuhkan aplikasi yang dapat mengumpulkan data dan mengolah data tersebut. 


Dengan Presensi by GUGU anda dapat dengan mudah mendapatkan data akurat yang menjadi komponen perhitungan gaji, bonus, tunjangan karyawan. Mulai dari laporan kehadiran karyawan, lembur, izin/cuti, kunjungan sales, kasbon, reimbursement, dan lainya. Semua fitur tersebut dapat anda nikmati secara gratis selama masa percobaan 2 bulan dan 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga hanya di Presensi by GUGU!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube