Etika Profesi: Pengertian, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya

4 August 2023

a-184280.png

Etika sangatlah penting untuk diterapkan dimanapun kita berada. Apalagi etika profesi yang menjadi dasar kita bersikap di lingkungan kerja.

Pengertian Etika Profesi

 

Apa yang dimaksud dengan etika profesi? Etika profesi merupakan pedoman hidup bagi seorang karyawan untuk memberikan pelayanan profesional kepada masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan keahlian atau keterampilan bahkan pengetahuan seseorang tentang  bagaimana cara bicara, bertindak, serta mengambil keputusan secara profesional.

 

Etika profesi tidak hanya berlaku bagi satu profesi saja, tetapi untuk seluruh profesi pada umumnya, contohnya dokter, pengacara, jurnalis, dan sebagainya.

 

Sebagai profesional di dunia kerja, mereka juga perlu menjaga sikap yang pantas sesuai etika agar dapat menjalin hubungan baik dengan semua orang dalam suatu organisasi.

 

Inti dari etika profesi adalah sebuah sistem dan norma tertulis oleh aturan profesional yang jelas menyatakan apa yang baik dan tidak benar bagi karyawan.

 

Baca juga : 10 Aplikasi Absensi Online Android dan IOS Terbaik

 

Prinsip Etika Profesi

 

Etika profesi memiliki beberapa prinsip, diantaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Tanggung Jawab

Seluruh pekerja profesional harus bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, terutama yang berkaitan dengan hasil pekerjaan tersebut. Pekerjaan harus dilakukan secara serius dan bertanggung jawab sehingga hasilnya dapat maksimal.

 

2. Keadilan

Seorang profesional harus selalu mementingkan nilai keadilan di dalam setiap pekerjaannya. Apapun yang dilakukannya harus memiliki unsur keadilan. Terlebih bagi profesi yang bertugas melayani masyarakat. Seperti polisi, petugas kesehatan, petugas keamanan, dan lain sebagainya.

 

3. Otonomi

Jika anda bekerja dan memiliki jabatan di suatu perusahaan, artinya anda memiliki wewenang untuk menjalankan pekerjaan dan dapat melakukan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan tanggung jawab sesuai dengan deskripsi pekerjaan. 

 

4. Integritas Moral

Apa yang dimaksud dengan integritas moral? integritas moral adalah kualitas kejujuran dan prinsip-prinsip moral pada orang yang telah dilakukan secara teratur dalam profesi atau pekerjaan karyawan.

 

Sebagai seorang profesional, harus diingat bahwa untuk selalu menjaga kepentingan diri sendiri, profesi dan juga kepentingan orang banyak lainnya.

 

Tujuan Etika Profesi

 

Etika profesi diciptakan bukanlah tanpa tujuan. Keberadaan etika profesi bertujuan untuk anda supaya bisa lebih profesional dan memiliki etika dalam menjaga kesejahteraan orang-orang dalam profesimu.

 

Jadi, setiap orang yang tergabung dalam sebuah profesi harus berpegang pada etika profesi dengan tujuan tidak hanya mengembangkan diri sendiri, tetapi juga mengembangkan organisasi serta semua orang yang memiliki profesi yang sama.

 

Baca juga : Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

 

Manfaat Etika Profesi Dalam Lingkungan Kerja

 

Melaksanakan etika profesi yang baik dan benar tentu bisa membawa segudang manfaat bagi seorang pekerja apabila ditaati. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan dari mentaati etika profesi?

 

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Saat karyawan menghargai pekerjaan yang diberikan, maka mereka akan melakukan semua pekerjaan yang diberikan dengan tepat waktu dan mencapai target yang ditetapkan. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi penjualan dan produktivitas karyawan saat bekerja.

 

2. Memudahkan Adaptasi Terhadap Perubahan

Sudah terlihat di seluruh dunia bahwa dalam kondisi pasar sangatlah agresif dan mudah berubah. Lingkungan kerja yang senantiasa berubah tentu membawa keresahan tersendiri bagi karyawan. Namun, karyawan yang setia terhadap etika profesi akan mampu beradaptasi di tengah perubahan tersebut.

 

3. Mengatasi Masalah di Lingkungan Kerja

Manfaat ini berkaitan dengan prinsip integritas moral. Pekerja yang selalu mengikuti etika akan tetap berintegritas dan tidak mudah terbawa arus negatif di sekelilingnya. Mereka berusaha menghindari tindakan negatif seperti korupsi atau pelecehan seksual di tempat kerja karena tidak sesuai etika yang diikutinya.

 

4. Menciptakan Ketertiban

Adanya kode etik profesi yang ada di sebuah perusahaan sudah seharusnya dipegang teguh dan dijalankan oleh para profesionalitas. Jika pekerja menjalankan pekerjaan sesuai etika, maka setiap tugas dapat dilaksanakan dengan tepat, sesuai, dan tertib.

 

Nah, itu dia pengertian, tujuan, dan manfaat mengenai etika profesi di lingkungan kerja. Demikian penjelasan mengenai etika profesi yang perlu diterapkan dalam lingkungan kerja perusahaan.

 

Etika profesi menjadi hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Oleh karena itu, selain menjalankan etika profesi, kamu juga perlu mengembangkan integritas dalam bekerja agar bisa menjadi seorang yang profesional.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube