Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

6 June 2023

a-83464.png

Membangun lingkungan kerja yang baik merupakan tanggung jawab HRD agar karyawan nyaman bekerja dan loyal. Berikut 6 tips yang bisa dipertimbangkan!

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

 

Lingkungan kerja yang baik bisa terjalin jika komunikasi berjalan lancar. Hal ini membuat karyawan lebih loyal dan bisa bekerja secara maksimal sepanjang waktu. Namun, dalam prakteknya tidak selalu mudah karena ada banyak orang yang kerja di perusahaan.

 

Lingkungan kerja yang positif diperlukan sebagai langkah perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan motivasi kerja karyawan di kantor. Jika lingkungan kerja masih jauh dari kondisi baik, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan oleh HRD dan pihak manajemen. 

 

Tips Membangun Lingkungan Kerja yang Baik Bagi Karyawan

 

Memiliki tempat kerja yang baik jadi hal yang disukai oleh karyawan. Untuk menciptakan lingkungan kerja positif, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

 

1. Upayakan Semua Karyawan Bisa Membaur

 

Tips pertama yang bisa dilakukan ialah mengupayakan agar semua karyawan bisa membaur satu sama lain. Hal ini berlaku untuk semua level baik dari bawahan hingga atasan. Adanya sekat-sekat yang dipisahkan oleh jabatan akan membuat karyawan tidak nyaman.

 

2. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Komunikasi Langsung

 

Meningkatkan kuantitas dan kualitas komunikasi secara langsung jadi tips selanjutnya agar lingkungan kerja nyaman. Sebab komunikasi yang terbatas akan membuat lingkungan kerja jadi kaku. Hal ini bahkan akan terlihat jelas dari hubungan kerja antara atasan dengan bawahan.

 

3. Melakukan Aktivitas Bersama

 

Melakukan aktivitas bersama dengan para karyawan memegang peranan penting dalam membangun komunikasi yang baik. Tidak hanya sekedar urusan pekerjaan tapi juga aktivitas lainnya. Misalnya waktu makan siang untuk berkomunikasi dengan santai.

 

4. Menghargai Perbedaan Pandangan

 

Perbedaan pandangan menjadi hal lumrah di lingkungan kerja. Bisa jadi tantangan sekaligus hal menarik untuk dibahas. Jika merasa pandangan lain kurang tepat, bisa disampaikan dengan cara yang sopan. Jangan antipati dengan pandangan yang berbeda, apalagi terkait pekerjaan.

 

5. Selesaikan Masalah dengan Dewasa

 

Berbagai masalah dapat muncul di tempat kerja, bahkan masalah yang tidak Anda prediksi sebelumnya. Demi lingkungan kerja yang baik, hindari sikap ingin menang sendiri, apalagi menggunakan cara tidak profesional dalam bekerja. Usahakan tetap tenang dan selesaikan masalah secara dewasa.

 

6. Menjadi Diri Sendiri

 

Agar diterima oleh orang lain, jadilah diri sendiri, jangan jadi sosok yang berbeda. Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang jika bisa menikmati hari dengan maksimal di tempat kerja. Di samping itu, suasana kerja dan rekan kerja juga dapat dengan lebih mudah menerima dan memahami diri dengan baik.

 

Membangun lingkungan kerja yang baik merupakan salah satu tanggung jawab HRD. Untuk menunjang kinerja, presensi digital dari Presensi bisa dipertimbangkan karena memiliki sistem kerja otomatis.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube