Efisiensi kerja adalah memaksimalkan hasil kerja dengan dana, tenaga, atau waktu yang sedikit mungkin. Tentunya dalam dunia kerja maupun bisnis prinsip ini harus selalu ada agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk meningkatkan efisiensi kerja sendiri tidak hanya sekedar tentang mengatur dana, tenaga atau waktu saja, namun juga memerlukan strategi yang baik agar mendapat hasil yang memuaskan.
Tentunya meningkat efisiensi kerja pada tim sales dapat mempengaruhi besaran penghasilan yang didapatkan oleh perusahaan, hal tersebut jika dapat terjadi secara konsisten maka perusahaan akan dapat dengan cepat maju dan berkembnag.
Namun perlu diketahui meningkatkan efisiensi kerja, terutama bagi tim sales memanglah bukan hal yang mudah. Tentunya hal tersebut karena tim sales memiliki banyak elemen ataupun aspek yang perlu untuk dimaksimalkan. Sehingga disini cara atau langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja karyawan harus meliputi berbagai aspek baik dari tujuan hingga penerapan yang dilakukan. Berikut adalah cara mudah dan praktis untuk meningkatkan efisiensi kerja tim sales.
Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja Tim Sales
1. Menetapkan Tujuan dan KPI Sales
Cara pertama yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi kerja sales adalah dengan menetapkan tujuan dan KPI sales dengan sejelas mungkin. Tentunya penetapan tujuan dan KPI ini berguna sebagai pedomana atau panduan yang akurat untuk para sales agar tetap fokus pada tujuan yang harus dicapai. Tentunya dalam menetapkan tujuan dan KPI harus dipertimbangan terlebih dahulu selain itu juga perlu memperhatikan berbagai aspek penting lainya. Perlu diingat bahwa tujuan dan KPI harus dibuat dengan sejelas mungkin, ada baiknya target yang diberikan oleh para sales juga realistik untuk dicapai oleh tim sales.
2. Membangun Tim Sales Profesional
Cara selanjutnya yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan agar dapat meningkatkan efisiensi kerja adalah dengan membangun tenaga kerja yang profesional, tidak terkecuali pada tim sales. Seperti yang diketahui efisiensi kerja sales merupakan hal yang krusial dalam proses pencapaian target perusahaan. Karena disini sales merupakan peran aktif untuk menawarkan produk atau pelayanan pada pembeli maupun pelanggan. Sehingga agar dapat meningkatkan kinerja sales hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membagun tim sales yang profesional atau hadal. Untuk itu disi perusahaan dapat memberikan fasilitas bagi tim sales seperti dengan pemberi pelatihan, membagun budaya kolabotrasi, dan juga melakukan evaluasi secara berkala.
Baca juga: 12 Skill Sales yang Harus Dimiliki agar Penjualan Meningkat
3. Implementasi Teknologi yang Efisien
Cara selanjutnya untuk meningkatkan efisiensi kinerja sales adalah dengan implementasi teknologi yang efisien. Penerapan teknologi yang efisien ini dapat meningkatkan produktivitas tim sales. Penerapan teknologi ini juga dapat membantu mempermudah tim sales untuk melakukan penjualan maupun interaksi secara intens oleh para pelanggannya. Hal tersebut tentunya dapat menghemat waktu para sales untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.
Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Sales Lapangan Gratis Berbasis Web
4. Pelatihan dan Penegembangan Sales
Tentunya agar kinerja lebih efektif juga harus didukung dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh sales itu sendiri. Seorang sales yang kurang memiliki keterampilan maupun wawasan yang sulit untuk memaksimalkan hasil kinerja mereka. Sehingga disini pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seorang karyawan sangatlah penting untuk memaksimalkan produktivitas kinerja sales. Untuk itu pihak perusahaan dapat memberikan dukungan dengan memberikan pelatihan perkembangan keterampilan dan pengetahuan kepada seluruh tim sales pada perusahaan tersebut.
5. Penetapan Prioritas yang Tepat
Seorang sales yang mengetahui prioritas kerjanya akan cenderung memiliki efisiensi kerja yang sesuai. Penetapan prioritas secara tepat dapat membantu tim sales lebih fokus terhadap hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu, sehingga sales tidak akan membuang tenaga, dana, maupun waktu untuk hal yang kurang penting. Tentunya dengan hal tersebut kinerja sales dapat jauh lebih efektif.
6. Menganalisis Data untuk Mengambil Keputusan
Dalam beberapa hal seorang sales harus memutuskan sesuatu dengan cepat dan benar. Tentunya pengambilan keputusan tersebut juga perlu dipertimbangakna terlebih dahulu dengan memlihat dari berbagai aspek yang ada. Untuk itu agar dapat lebih efektif, dalam pengambilan keputusan tersebut sales dapat menggunakan analisis data tersebut. Analisis data tersebut dapat berupa data penjualan dan penjualan pelanggan seperti tren pasar, kebutuhan pelanggan atau kebutuhan dari para pelanggan itu sendiri.
7. Kolaborasi Tim Sales
Cara selanjutnya agar dapat meningkatkan efektifitas kinerja sales adalah dengan melakukan kolaborasi dengan tim sales. Dengan adanya kolaborasi yang dapat membantu memaksimalkan hasil yang akan didapatkan, hal tersebut karena adanya kolaborasi dapat menciptakan ide-ide terbaru dan juga semangat kerja yang semakin tinggi. Semua hal tersebut dapat mendorong produktivitas yang tinggi dan juga keefektifan kerja yang meningkat.
8. Melakukan Otomatisasi Tugas Sales
Melakukan otomatisasi tugas sederhana pada sales dapat menghemat waktu dan tenaga sales sehingga keefektifan kerja karyawan meningkat. Otomatisasi ini umumnya memuat tugas-tugas rutin sales seperti penginputan data, pengiriman email, ataupun pengaturan jadwal temu antara sales dan pelanggan.
9. Membuat Inovasi Produk atau Pelayanan
Dalam dunia bisnis perlu adanya inovasi dan ide-ide terbaru untuk mengembangkan produk maupun pelayanan yang ada dalam perusahaan tersebut. Sebelum menggembangkan dan membuat inovasi terbaru, disini sales harus dapat menggali apa yang sedang dibutuhkan para pelanggan, tren yang beredar, dan juga hal-hal yang diminati oleh para pelanggan mereka, sehingga nantinya inovasi produk atau pelayanan dapat diterima dengan baik oleh setiap pelanggan.
10. Umpan Balik dan Evaluasi Rutin
Cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan umpan balik dan juga evaluasi secara rutin. Umpan balik dan evaluasi ini bertujuan untuk mematikan strategi, pelaksanaan, dan juga hasil yang didapatkan dengan tujuan dan harapan perusahaan. Dengan adanya umpan balik dan evaluasi yang dilakukan secara rutin juga dapat menganalisa hal-hal yang harus diperbaiki maupun hal hal yang harus ditingkatkan, sehingga dengan ini kinerja menjadi lebih efektif.
Selain memperhatikan strategi, pelaksanaan, dan hasilnya, pihak perusahaan juga perlu melakukan evaluasi dengan melihat laporan kunjungan sales. Laporan kunjungan sales ini dapat digunakan untuk menganalisa kinerja seorang sales.
Seperti yang diketahui laporan kunjungan sales memanglah memakan banyak waktu dan juga beresiko terjadi kecurangan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bantuan aplikasi Presensi by GUGU yang memiliki fitur kunjungi sales. Dengan menggunakan fitur ini HR dapat melakukan monitoring kunjungan sales secara real-time kapan saja dan dimana saja. Laporan kunjungan sales ini juga telah dilengkapi dengan fitur GPS sehingga sales tidak dapat memanipulasi data yang ia kirimkan. Selain memudahkan HR, fitur kunjungan sales ini tentunya juga dapat memudahkan tim sales itu sendiri dalam membuat laporan kunjungan sales. Semua kemudahan tersebut tentunya dapat ditemukan hanya dengan menggunakan aplikasi Presensi by GUGU. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaanmu sekarang juga juga dan dapatkan uji coba gratis selama 2 bulan!