Pentingnya Menerapkan Absensi Kehadiran Karyawan

25 February 2023

-516213.png

Dalam dunia kerja, pentingkah menerapkan absensi kehadiran karyawan? Klik disini untuk dapatkan penjelasan lengkapnya!

Absensi kehadiran karyawan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, karyawan menjadi salah satu aset berharga bagi perusahaan yang perlu dijaga. 

Agar perusahaan terus bertumbuh, faktor utama bagi perusahaan adalah menjaga produktivitas kerja dan efisiensi karyawan menjadi lebih baik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pendataan kehadiran karyawan.

 

Manfaat Absensi Kehadiran Karyawan

Informasi dan data absen karyawan sebaiknya didata setiap hari, kemudian diakumulasikan untuk pembuatan laporan secara berkala karena hal ini bisa bermanfaat bagi perusahaan. Berikut ini manfaat absensi karyawan untuk perusahaan:

 

1. Menyelaraskan Hak dan Kewajiban

Perusahaan dan karyawan saling membutuhkan satu sama lain. Perusahaan membutuhkan karyawan agar perusahaan terus beroperasi dan menjalankan kegiatannya. Sedangkan karyawan mendapatkan tunjangan serta gaji atas pekerjaan yang telah dilakukannya.

Gaji dan tunjangan merupakan hak karyawan dan kewajiban perusahaan karena hal ini sudah disepakati dalam surat perjanjian kerja kedua belah pihak. Maka dari itu, pendataan absensi yang baik perlu dilakukan karena data tersebut turut menentukan nominal gaji yang diterima. 

 

2. Menilai Kinerja Karyawan

Keputusan perusahaan untuk menilai kinerja karyawan didasarkan pada pertimbangan tertentu. Oleh karena itu, karyawan harus mematuhi aturan perusahaan salah satunya aturan jam kerja. 

Karyawan yang memiliki kinerja yang baik bisa dilihat dari data kehadirannya. Apakah sering datang tepat waktu, selalu menyelesaikan pekerjaan, sering izin, atau tidak dan sebagainya.

 

3. Mengatur Ritme Kerja

Jam kerja karyawan telah diatur pada waktu yang telah ditentukan. Aturan ini bersifat mengikat dan tidak jarang mendapatkan sanksi apabila melanggar ketentuan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan perlu mencatat waktu kehadiran karyawan, termasuk ketika karyawan melakukan lembur.

 

Jam kerja karyawan biasanya diselingi waktu istirahat. Keberadaan jam kerja ini memiliki tujuan untuk mengatur ritme kerja karyawan. Dengan adanya aturan waktu, karyawan diharapkan bisa bekerja dan menyelesaikan tugasnya pada waktu yang telah ditentukan.

 

Secara keseluruhan, penerapan sistem absensi kehadiran karyawan sangat penting bagi sebuah perusahaan. Selain memudahkan proses manajemen sumber daya manusia, penggunaan sistem absensi juga membantu perusahaan dalam menghemat biaya dan waktu serta meningkatkan produktivitas karyawan.

 

Dengan mengurangi kesalahan pencatatan kehadiran, perusahaan dapat memastikan bahwa gaji karyawan terhitung dengan akurat dan adil. Selain itu, dengan sistem absensi yang terintegrasi, perusahaan juga dapat memperoleh data yang akurat dan dapat dikamulkan mengenai absensi karyawan, yang dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.

 

Dalam artikel ini, telah dijelaskan pentingnya menerapkan sistem absensi kehadiran karyawan di perusahaan. Dengan menerapkan sistem ini, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat terkait pengelolaan sumber daya manusia, seperti penilaian kinerja karyawan dan evaluasi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

 

Sebagai solusi terbaik untuk kebutuhan tersebut, Presensi hadir dengan fitur-fitur premium yang akan membantu kamu atau HRD perusahaan dalam mengelola kinerja karyawan. 

 

Presensi menyediakan teknologi terkini seperti GPS dan face detection untuk memastikan keakuratan data absensi. Selain itu, Presensi juga menyediakan fitur-fitur yang berguna untuk memperbaiki manajemen kehadiran karyawan, seperti laporan kehadiran, fitur lembur dan fitur grup yang bisa digunakan saat setiap divisi memiliki kebijakan absensi yang berbeda.

 

Dengan Presensi, perusahaan dapat memperoleh data kehadiran karyawan secara real-time lewat smartphone dimanapun dan kapanpun.

 

Jadi, gimana menarik bukan? Yuk, segera daftarkan bisnis kamu dan nikmati canggihnya aplikasi Presensi!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube