Keuntungan Sistem Kerja Fleksibel

27 January 2023

keuntungan-sistem-kerja-fleksibel-320912.png

Sistem kerja fleksibel seperti kata fleksibel yang ada didalamnya, memberi karyawan kamu lebih banyak kebebasan atau fleksibilitas dalam memilih dimana, kapan, serta bagaimana mereka bekerja. Sementara itu dalam sistem kerja fleksibel juga terdapat tiga bentuk pengaturan yang biasanya diterapkan oleh banyak perusahaan, seperti fleksibel lokasi, jadwal, dan waktu.

 

Beberapa pekerjaan yang dapat mengimplementasikan sistem kerja fleksibel contohnya adalah seperti : bekerja dari rumah, bekerja jarak jauh, atau telecommuting, hybrid working, job sharing, serta flextime.

 

Kebijakan dari jam kerja yang fleksibel juga menawarkan keuntungan bagi karyawan berupa bekerja di luar jam kerja perusahaan pada umumnya, yaitu jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

 

Sebagai Gambaran pertimbangan sebelum kamu ingin mengimplementasikan jam kerja fleksibel ke perusahaan kamu, simak dulu berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dari penerapan jam kerja fleksibel yang baik di perusahaan kamu.

 

Manfaat Jam Kerja Fleksibel Bagi Perusahaan

Mungkin kamu masih memiliki beberapa keraguan dalam hal mengimplementasikan jam kerja yang fleksibel di perusahaan atau bisnis kamu, salah satu kekhawatiran tersebut mungkin adalah kekhawatiran mengenai karyawan yang tidak menyelesaikan pekerjaannya.

 

Namun jangan khawatir, kami memiliki solusi untuk kamu di akhir blog ini, jadi simak terus ya.. pertama-tama kita bahas dulu nih mengenai manfaat dari jam kerja yang fleksibel, diantaranya adalah :

 

  • Menghemat Biaya

Dengan jam kerja yang fleksibel, hal ini dapat membuat perusahaan kamu menjadi lebih hemat biaya dalam hal penyediaan alat kantor seperti meja, kursi, tagihan listrik, serta berbagai tunjangan transportasi dan lain-lain yang bisa kamu potong dan kamu alokasikan ke hal lain, sebab karyawan tidak harus setiap hari berada di kantor.

 

  • Meminimalisir konflik

Semakin sedikit karyawan yang berada dikantor juga akan semakin rendah pula resiko adanya konflik antar karyawan atau dengan atasan. Karyawan bisa beristirahat sejenak tanpa takut ditegur selama karyawan tersebut tidak lupa akan kewajibannya dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan secara tepat waktu. Karena jam kerja yang fleksibel pula maka kuantitas dan kualitas kerja karyawan akan ditentukan oleh gaji, tunjangan, dan bonus yang mereka dapatkan.

 

  • Meningkatkan Upaya Rekrutmen

Generasi millennial akan diperkirakan membentuk lebih dari 75 % dari angkatan kerja global pada beberapa tahun mendatang. Memiliki jam kerja yang fleksibel akan menjadi hal yang sangat dicari oleh para pekerja milenial, dikarenakan mereka tidak terikat pada gagasan bahwa kehadiran fisik tidak terlalu diperlukan lagi untuk menyelesaikan atau mengerjakan suatu pekerjaan dari suatu perusahaan. Dengan ini kamu bisa mengambil langkah untuk meningkatkan upaya perekrutan karyawan dan menarik talenta terbaik dari generasi tersebut.

 

  • Memicu Karyawan Menjadi Lebih Produktif

Dengan memberlakukan sistem kerja yang fleksibel, para karyawan akan dapat membuat lingkungan kerja yang membuat mereka paling nyama

n dan produktif, dengan kebebasan tersebut para karyawan akan lebih puas dan semangat dalam bekerja.

 

Solusi Praktis Optimalisasi Sistem Kerja Fleksibel

Dengan mengetahui informasi mengenai manfaat dari sistem kerja fleksibel, kekhawatiran kamu mengenai efektivitas dan produktivitas karyawan kamu dalam menerapkan sistem jam kerja yang fleksibel dapat diatasi dengan mengaplikasikan dan menggunakan teknologi yang tepat.

 

Dalam pengaplikasian kebijakan sistem kerja fleksibel, kamu tentu tetap ambil bagian dalam mengontrol dan monitoring karyawan, hal ini dilakukan agar produktivitas serta efektivitas mereka dalam melakukan pekerjaan tetap terjaga atau bahkan meningkat. Lantas bagaimana kamu bisa melakukan monitoring dan evaluasi kinerja para karyawan dari jarak jauh ?

 

Dengan menggunakan presensi.co.id kamu akan mendapatkan manfaat dan kemudahan dalam mengevaluasi catatan kehadiran karyawan, memantau produktivitas mereka, hingga memantau aktivitas kunjungan tim sales lapangan kamu dengan efektif dalam satu aplikasi saja !

 

Tunggu apa lagi ? segera daftarkan perusahaan atau bisnis kamu dan nikmati fitur-fitur seperti presensi online, timesheet online, sales visit, ,dan lain-lain !

 

Coba Presensi

Sekarang Juga 

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube