HR Benchmarking Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

29 April 2024

-80131.png

Tahukah anda mengenai HR Benchmarking? HR Benchmarking adalah salah satu cara untuk mengatasi tantangan perusahaan terkait pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pengertian HR Benchmarking

 

Pada dasarnya Benchmarking sendiri merupakan sebuah strategi dengan cara membandingkan sesuatu atau juga membuat tolak ukur untuk keberhasilan dan kemajuan bisnis. Hal tersebut juga sejalan dengan arti HR Benchmarking sebagai proses perbandingan serta evaluasi kinerja departemen HR dalam sebuah sebuah perusahaan dengan departemen dalam perusahaan lainya yang memiliki bidang dan sektor industri yang sama. 

 

Dengan melakukan benchmarking ini nantinya perusahaan mendapatkan gambaran terkait kondisi manajemen HR terkini sehingga hal tersebut membantu mencari solusi untuk meningkatkan prosesnya. Tujuan dari benchmarking HR sendiri adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengembangan SDM yang efektif dan juga efisien

 

Jenis Benchmarking HR 

 

Disini ada dua jenis HR Benchmarking yang dapat diterapkan dalam perusahaan, berikut adalah penjelasnya:

 

1. Internal Benchmarking

 

Sesuai dengan namanya internal benchmarking  ini merupakan perbandingan serta evaluasi kinerja secara internal atau dalam satu lingkup, organisasi, unit,divisi dalam satu perusahaan. Hal tersebut dilakukan agar dapat melakukan analisa dimana cara atau praktik terbaik untuk meningkatkan kinerja dengan menggunakan perbandingan yang telah dilakukan antar setiap departemen atau divisi. Selain itu perbandingan ini juga membantu mengetahui mana area yang memiliki tingkat kinerja yang kurang maksimal sehingga nantinya juga dapat mencari solusi untuk mengatasinya. 

 

2. Eksternal Benchmarking Eksternal 

 

Eksternal benchmarking ini dilakukan dengan membandingkan kinerja dan praktik bisnis perusahaan dengan perusahaan lain yang berbeda. Perbandingan praktik kerja ini dapat dilakukan secara langsung, wawancara, atau mencari sumber informasi lainnya. Eksternal benchmarking ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan performa dan efisiensi perusahaan dengan membandingkan perusahaan dengan perusahaan lain yang lebih unggul.

 

Manfaat HR Benchmarking 

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dengan melakukan benchmarking HR.

 

1. Mengidentifikasi Tren 

 

Salah satu manfaat utama dari melakukan HR benchmarking adalah dapat mengidentifikasi tren pasar industri. Hal tersebut membantu mempermudah anda untuk mendapatkan informasi terkini, yang dimana nantinya informasi tersebut dapat digunakan perusahaan untuk merancang program kerja HR yang efektif bagi karyawan sehingga perusahaan tetap dapat bersaing dengan perusahaan lainya. 

 

2.  Mendorong Inovasi

 

Dengan HR benchmarking mampu memudahkan perusahaan mendapatkan berbagai informasi untuk selanjutnya dapat dianalisa. Hal tersebut membantu HR dapat belajar hal baru dan melakukan inovasi dalam manajemen SDM pada perusahaan mereka.

 

3. Meningkatkan Dampak Bisnis 

 

Dengan melakukan perbandingan perusahaan akan mendapatkan banyak informasi sehingga menambah wawasan terkait manajemen SDM pada perusahaan lain, seperti cara menghitung gaji karyawan, program pelatihan karyawan, dan cara manajemen karyawan yang efektif. Hal tersebut membantu anda menentukan strategi yang efektif diterapkan dalam perusahaan anda sesuai dengan data bukan berdasarkan insting .Tentunya hal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan bisnis yang lebih optimal.

 

4. Meningkatkan Daya Saing 

 

Seperti yang telah dibahas di atas, HR benchmarking ini membantu anda mendapatkan informasi tren pasar industri terkini. Dengan berbekalkan informasi tersebut tentunya dapat membantu anda dalam mengelola SDM dengan menyesuaikan perkembangan terkini, seiringan dengan hal tersebut membantu perusahaan untuk tetap kompetitif dan mempertahankan bakat-bakat terbaik dalam perusahaan. 

 

Langkah-Langkah Implementasi HR Benchmarking

 

1. Identifikasi Tujuan

 

Langkah pertama dalam melakukan HR benchmarking adalah mengidentifikasi tujuan. Anda harus menentukan hal apa yang akan anda bandingkan, seperti efisiensi rekrutmen, manajemen karyawan, atau meningkat kedisiplinan karyawan. 

 

2. Tentukan Matrik yang Tepat 

 

Langkah selanjutnya anda dapat memilih matrik atau indikator kinerja kunci yang akan anda bandingkan, seperti waktu perekrutan, tingkat retensi, atau biaya rekrutmen. 

 

3. Tentukan Pembanding 

 

Selanjutnya anda juga perlu memilih perusahaan atau industri yang nantinya akan dijadikan perbandingan. Tentunya menentukan industri atau perusahaan yang dijadikan perbandingan ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Tentunya anda harus memilih perusahaan yang memiliki praktik kerja terbaik. Selain itu perusahaan yang anda pilih sebaiknya juga disesuaikan perusahaan anda,  seperti kesamaan bidang industri, ukuran atau hal lain untuk memastikan perbandingan yang relevan. 

 

4. Mengumpulkan Data dan Analisis 

 

Langkah ini merupakan langkah penting yang harus anda lakukan, yaitu mengumpulkan data terkait metrik yang dipilih dari organisasi pembanding dan perusahaan anda. Pengumpulan data ini juga harus sesuai dan relevan dengan matrik yang telah ditetapkan. 

 

Setelah memiliki banyak data, anda dapat melakukan analisis data untuk memahami perbedaan dan juga kesamaan praktik kerja antara perusahaan anda dan perusahaan pembanding, sehingga nantinya mendapatkan peluang perbaikan.

 

5. Implementasi perubahan

 

Setelah anda itu melakukan analisis data dan menemukan persamaan dan perbedaan, maka hal selanjutnya adalah membuat strategi atau perubahan yang nantinya diimplementasikan. Tentunya strategi yang dibuat harus jelas dan terencana dengan baik. 

 

6. Evaluasi 

 

Setelah mengimplementasikan perubahan maka langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Lakukan pemantauan terkait dampak dari perubahan yang telah anda lakukan, hal tersebut dilakukan untuk memastikan keberhasilan jangka panjang. 

 

Dengan melakukan HR benchmarking secara teratur dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja SDM dan juga tetap kompetitif dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan sangat cepat. Hal tersebut menjadi investasi penting dalam kesuksesan jangka panjang sebuah perusahaan. 


selain itu untuk mempermudah HR dalam manajemen SDM dalam perusahaan, anda dapat memanfaatkan aplikasi dari Presensi By GUGU. Presensi by GUGU sendiri merupakan aplikasi absensi online dengan berbagai fitur canggih yang membantu HR mengelola karyawan dalam perusahaan. Mulai dari pencatatan kehadiran karyawan, pengajuan lembur, izin/cuti, kunjungan sales, kasbon, reimbursement, hingga perhitungan payroll secara otomatis. Dengan Presensi by GUGU manajemen karyawan menjadi lebih mudah dan praktis, beralih sekarang juga bersama Presensi by GUGU!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube