Cara Ampuh Agar Karyawan Tetap Produktif di Bulan Puasa

14 March 2024

-600739.png

Ibadah puasa pada bulan Ramadhan dapat memicu menurunnya produktivitas karyawan, sehingga HRD perlu mencari cara agar karyawan tetap produktif di bulan Puasa.

Pada bulan Ramadhan ada banyak ibadah yang harus dijalankan umat muslim, salah satunya adalah berpuasa. Dalam berpuasa anda harus bangun pada dini hari untuk melakukan sahur serta nantinya juga akan menahan lapar selama kurang lebih 13 jam. Sebagai karyawan tentunya hal tersebut tidak dapat mempengaruhi produktivitas kerja dalam perusahaan. 

 

Namun pada umumnya, karyawan yang menjalankan puasa akan cenderung memiliki kekuatan fisik yang terbatas, durasi fokus yang pendek, mudah mengantuk, dan semangat kerja yang menurun. Selain karena menahan rasa lapar dan haus, berkurangnya jam istirahat di malam hari karena aktivitas ibadah juga dapat menjadi penyebabnya. 

 

Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menerapkan beberapa cara dibawah ini untuk memastikan bahwa karyawan anda tetap produktif di bulan puasa. 

 

Cara Ampuh Agar Karyawan Tetap Produktif di Bulan Puasa 

 

1. Menggeser Jam Kerja Karyawan 

 

Salah satu cara yang dapat anda terapkan agar karyawan tetap produktif di bulan puasa adalah dengan melakukan pergeseran jam kerja karyawan menjadi lebih awal. Cara ini juga dapat diterapkan jika perusahaan anda tidak ingin mengurangi jam kerja karyawan. 

 

Pergeseran jam kerja karyawan menjadi lebih awal ini dapat menjadi cara efektif karena pada umumnya orang yang berpuasa memiliki stamina dan fokus kerja pada pagi hari setelah sahur hingga tengah hari. Orang yang tengah berpuasa cenderung mulai diserang kantuk dan penurunan fokus kerja pada tengah hari hingga sore hari. 

 

Sehingga dengan menggeser jam kerja karyawan menjadi lebih awal ini akan membantu karyawan untuk tetap produktif meskipun dalam bulan puasa. Dengan ini karyawan juga cenderung memiliki semangat dan fokus kerja yang lebih tinggi. 

 

2. Atur Shift Kerja Secara Tepat 

 

Cara yang kedua adalah mengatur shift kerja karyawan dengan memperhatikan jam istirahat karyawan. Disini anda juga harus memastikan karyawan memiliki jam istirahat yang cukup dan adil pada setiap karyawan. Pada bulan puasa ini anda juga sebaiknya anda tidak memberikan shift malam secara terus menerus pada karyawan agar mereka dapat memiliki jam istirahat yang cukup di malam hari. 

 

Dalam mengatasi hal tersebut anda dapat memberikan pergantian shift kerja pada setiap 3 hari sekali. Selain itu anda juga dapat membuat jadwal shift kerja karyawan dengan menggunakan Software Presensi by GUGU. 

 

Baca juga: Tips Mengatur Jadwal Kerja Karyawan Agar Lebih Efektif

 

3. Memberikan Jam Istirahat yang Cukup 

 

Meskipun pada bulan puasa karyawan tidak melakukan makan siang, namun karyawan juga memerlukan jam istirahat yang cukup untuk mengisi ulang energi mereka. Disini karyawan dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan melakukan tidur singkat. Selain menghilangkan rasa kantuk , hal tersebut juga dapat dilakukan untuk membangkitkan kembali semangat dan fokus kerja karyawan. Sehingga nantinya karyawan dapat tetap produktif meskipun sedang puasa.

 

4. Memberikan Motivasi Kerja pada Karyawan

 

Tidak dapat dipungkiri stamina karyawan yang sedang berpuasa tidak sebesar pada hari normal, namun hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Untuk mengatasi hal tersebut disini anda dapat memberikan motivasi kerja pada karyawan anda agar mereka semangat dan tetap produktif dalam bulan puasa. 

 

Motivasi kerja ini dapat anda berikan dengan mengadakan buka bersama ataupun sekedar kajian dengan mengundang ustad, anda dapat memberikan tema kajian yang memberikan motivasi kerja pada karyawan seperti “bekerja sebagai ibadah”. 

 

Adanya kajian ini dapat melepaskan penat kerja, membangkitkan semangat kerja, dan menghindarkan karyawan dari perbuatan negatif. Sehingga nantinya karyawan akan menjadi lebih fokus dan tetap produktif pada bulan puasa. 

 

5. Mengelola Karyawan Dengan Aplikasi Presensi by GUGU

 

Disini anda dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan memanfaatkan aplikasi Presensi by GUGU. Penggunaan Presensi dalam perusahaan dapat memudahkan penjadwalan karyawan dalam bulan Ramadhan. Selain itu pengelolaan absensi karyawan juga menjadi lebih mudah mulai dari pengajuan izin, cuti, lembur, dan kunjungan sales. 

 

Nantinya anda juga dapat menggunakan fitur payroll dari Presensi untuk 

mengotomatisasikan proses penggajian karyawan menjelang lebaran. Jadi tidak perlu pusing mengelola karyawan dengan cara manual karena semua bisa dengan Presensi by GUGU. Daftarkan perusahaan anda sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi dan uji coba secara gratis selama 2 bulan!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube