Rekomendasi Penyedia Layanan Aplikasi Absensi Karyawan Perusahaan Online

24 February 2023

-167211.png

Presensi merupakan rekomendasi penyedia layanan aplikasi absensi karyawan perusahaan dengan berbasi online. Jadi tunggu apalagi? daftarkan bisnis dengan presensi.co.id

Rekomendasi Penyedia Layanan

Absensi Kehadiran Online

 

Sistem pengarsipan serta pencatatan laporan kehadiran karyawan saat ini telah jauh berkembang daripada sebelumnya. Banyak perusahaan saat ini yang mengubah sistem kehadiran dan absensi perusahaannya yang tadinya berbasis pencatatan diatas kertas, beralih menggunakan absensi kehadiran online. Sistem laporan kehadiran ini menawarkan berbagai fitur modern dan fleksibel dalam mencatat kehadiran karyawan.

 

Integrasi fitur face detection yang di implementasikan menjadi salah satu fitur keamanan dalam pencatatan laporan karyawan untuk mencegah kecurangan karyawan dalam melakukan kehadiran. Semua ini berkat terobosan google dan Microsoft dalam mengembangkan fitur facial detection ini agar menjadi standar keamanan perangkat ponsel dan digunakan secara luas.

 

Jadi sudahkah bisnis kamu menerapkan sistem absensi dan kehadiran karyawan online ? Mari kita simak lebih lanjut mengenai sistem absensi bebas kecurangan ini !

 

Macam-macam Permasalahan dalam absensi manual

Terciptanya sistem absensi modern dan terkini saat ini tentu akan didasari dengan berbagai macam masalah yang ditemui dan perlu diselesaikan dari sistem absensi manual sebelumnya. Lantas apa saja masalah yang akan kamu temui jika bisnis atau perusahaan kamu masih menggunakan absensi kehadiran secara manual ?

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Penurunan Produktivitas Karyawan

Tingkat produktivitas karyawan merupakan esensi yang sangant penting bagi suatu bisnis atau perusahaan, hal ini digambarkan oleh efektivitas dan efisiensi pekerjaan karyawan. Sulit untuk mengetahui apakah seorang karyawan sudah jujur dalam mencatat kehadirannya, sebab sistem manual masih rentan dengan resiko kecurangan.

 

Hal ini pasti akan berdampak pada pengeluaran penggajian karyawan setiap bulan. Karyawan yang tidak hadir ataupun terlambat menjadi tidak terlacak dan tercatat dengan baik, pada akhirnya produktivitas mereka pun akan berkurang.

 

  1. Mengeluarkan biaya kertas dan bahan catatan lain secara berlebih

Dengan menggunakan sistem manual, setidaknya setiap hari kamu akan menggunakan kertas, pulpen dan berbagai peralatan kantor lainnya.

 

Sebenarnya hal ini dapat menyebabkan biaya pengeluaran yang cukup besar, lain halnya jika kamu menggunakan sistem absensi kehadiran dan laporan absensi modern, yang hanya perlu menggunakan ponsel atau laptop saja, sehingga bisnis dan perusahaan kamu tetap efisien dan praktis.

 

  1. Rentan terjadi kesalahan rekap dan manipulasi data

Rekap absensi karyawan biasanya dilakukan oleh HR atau Human Resource dengan cara input satu per satu absensi karyawan dengan menggunakan aplikasi Microsoft excel atau bahkan menggunakan kertas secara manual. Dapat dibayangkan berapa banyak energi dan waktu yang telah dihabiskan untuk aktivitas ini.

 

 

Perlunya Penggunaan Absensi Kehadiran Online

Absensi Kehadiran online memberikan berbagai kemudahan bagi para praktisi manajemen HR dan pemilik bisnis usaha atau perusahaan dalam mengelola karyawan. Berbagai manfaat dan kemudahan menggunakan sistem absensi kehadiran secara online diantaranya adalah :

 

  1. Mencegah Terjadinya Kecurangan

Sistem absensi kehadiran online mampu menutup celah bagi karyawan yang sering melakukan kecurangan dengan cara “menitip absen” pada sesama karyawan, hal ini dapat dicegah dikarenakan sistem absensi kehadiran online menggunakan metode face detection atau deteksi wajah karyawan untuk verifikasi kehadiran. Serta implementasi gps pada aplikasi absensi, yang mengharuskan karyawan yang ingin melakukan kehadiran berada di area kantor.

 

  1. Jaminan Sistem Keamanan

Hal krusial yang ada dalam sistem absensi kehadiran online adalah keamanan yang sudah terjamin, absensi online didukung oleh penyimpanan cloud dan tersimpan dalam server yang terpusat seperti Windows Azure araupun Amazon Web Services (AWS)

 

  1. Meringkas Pekerjaan Divisi HR

Aplikasi Absensi kehadiran online menyederhanakan pekerjaan rutin HR menjadi lebih mudah, pelacakan kinerja karyawan melalui kehadiran, pengecekan riwayat kehadiran, jumlah jam kerja total, hingga penyetujuan cuti, izin dan lembur. Semuanya bisa dilakukan melalui satu aplikasi saja

 

  1. Adanya sistem integrasi data terpusat

Terakhir, keuntungan yang dirasakan dengan adanya integrasi data terpusat yang bisa kamu jadikan landasan pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Data tersimpan pada sistem absensi online lebih akurat dan update, sehingga memudahkan bagi siapa saja.

 

 

Rekomendasi Penyedia Layanan Absensi Kehadiran Online

Setelah kamu tahu tentang kekurangan absensi manual dan kelebihan dari sistem absensi kehadiran online, Berikut adalah rekomendasi penyedia layanan absensi kehadiran online

 

  1. Google Form

Google Form absensi karyawan merupakan fitur favorit semua orang, baik untuk sekolah maupun para perintis bisnis dikarenakan bisa diakses secara gratis melalui ponsel dan browser.

 

Kamu bisa merancang beberapa versi pencatatan kehadiran, seperti sistem multiple choices dan sistem centang. Hasilnya direkapitulasi otomatis dalam sheet Excel.

 

  1. Google Spreadsheet

Google Spreadsheet kerap digunakan untuk menginput data kehadiran karyawan secara mandiri dan online. Keunggulan layanan ini ialah bisa diakses update-nya secara real time dari perangkat mana saja, sehingga setiap pencatatan kehadiran oleh karyawan langsung terlihat oleh HR serta karyawan lainnya.

 

  1. Presensi By Gugu

Untuk perusahaan yang siap untuk berkembang, akan dibutuhkan aplikasi yang efisien dan mudah dalam mengelola absensi dan kehadiran para karyawannya. Aplikasi Presensi.co.id by gugu menyediakan layanan absensi berdasarkan jobdesk para karyawan yang ada di dalam suatu perusahaan, seperti sales, marketing, dan lain-lain secara ringkas dan jelas.

 

Selain itu tampilan yang dimiliki oleh aplikasi presensi ini juga sangat mudah dipahami atau user friendly, serta memiliki fitur keamanan tingkat tinggi untuk mencegah kecurangan kehadiran karyawan, dikarenakan aplikasi absensi presensi by gugu ini menggunakan fitur face detection dan juga integrasi GPS untuk verifikasi kehadiran karyawan.

 

Tidak hanya itu, presensi by gugu memiliki fitur untuk manajemen karyawan yang akan mempermudah pekerjaan HR atau bisa dibilang software aplikasi HR. Jadi tidak sebatas pengelolaan kehadiran saja namun juga pengelola kinerja dan produktivitas karyawan.

 

 

 

Memilih Presensi Sebagai Absensi Kehadiran Online Perusahaan Kamu

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi sangat berperan penting dalam mendukung operasional perusahaan saat ini, permasalahan dari absensi manual dan mesin absensi dapat dihindari dengan menggunakan aplikasi presensi.co.id by gugu. Dengan berbagai kelebihan seperti teknologi berbasis GPS, Fleksibel, dan keamanan yang terjamin.

 

Bahkan presensi juga didukung oleh fitur yang sangat fungsional untuk memudahkan manajemen sumber daya manusia atau HR (Human Resources) yaitu fitur timesheet online untuk perekaman jam kerja karyawan serta fitur pengaturan susunan jam shift para karyawan saat bekerja.

 

Dengan demikian, penggunaan aplikasi absensi kehadiran online presensi.co.id by gugu sangat direkomendasikan untuk perusahaan dan efektivitas kerja para karyawan kamu. Jadi tunggu apalagi ? daftarkan bisnis dan perusahaan kamu dengan presensi.co.id dan raih berbagai kemudahan serta manfaatnya !

 

COBA PRESENSI

SEKARANG !!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube