Pentingnya Daftar Hadir Karyawan Bagi Perusahaan

28 March 2024

-477246.png

Daftar hadir karyawan menjadi aspek penting bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Pasalnya daftar hadir karyawan ini banyak dijadikan acuan dalam perhitungan gaji karyawan.

Daftar hadir merupakan data yang krusial, tidak hanya dibutuhkan dalam perusahaan saja. Namun daftar hadir juga banyak dibutuhkan dalam berbagai bidang, seperti pada instansi pendidikan mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi. Hal tersebut karena daftar hadir memiliki peranan penting untuk memastikan aktivitas dapat berjalan dengan baik. 

 

Daftar Hadir karyawan 

 

Sesuai dengan namanya daftar hadir karyawan ini memiliki tujuan untuk mencatat informasi kehadiran serta absensi karyawan pada setiap perusahaan. Adanya pencatatan informasi terkait kehadiran karyawan ini sangat membantu HRD  dalam mengelola manajemen manusia diperusahaan tersebut. 

 

Disini kehadiran karyawan juga merupakan sebuah pondasi penting dari produktivitas dan pertumbuhan perusahaan. Hal tersebut karena kehadiran karyawan ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas kerja dalam perusahaan tersebut. Semakin baik tingkat kehadiran karyawan maka semakin optimal aktivitas kerja dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu Daftar kehadiran karyawan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

 

Untuk lebih dalam mengetahui pentingnya daftar hadir karyawan bagi perusahaan, mari simak penjelasan berikut ini: 

 

Pentingnya Daftar Hadir Karyawan bagi Perusahaan

 

Berikut ini adalah alasan mengapa daftar hadir karyawan menjadi aspek penting dalam perusahaan;

 

1. Mengawasi Produktivitas Karyawan 

 

Alasan yang pertama dari pentingnya daftar hadir karyawan adalah karena  dengan adanya daftar hadir karyawan dapat membantu HRD dalam mengawasi kinerja karyawan dalam perusahaan.  Hal ini karena kehadiran karyawan menjadi salah satu faktor penting dalam mempengaruhi naik-turunnya produktivitas kerja karyawan dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu daftar hadir karyawan ini sangat penting untuk mempermudah HRD dalam mengawasi produktivitas karyawan dalam perusahaan. 

 

2. Menghindari Kecurangan 

 

Hal selanjutnya yang banyak dijadikan alasan oleh berbagai pihak untuk menerapkan pencatatan kehadiran karyawan adalah untuk menghindari kecurangan yang dapat terjadi oleh berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Tanpa adanya pencatatan kehadiran karyawan bisa saja melakukan kecurangan mengaku hadir bekerja namun dalam kenyataannya karyawan tersebut tidak hadir, hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya bukti akurat sehingga nantinya akan sulit diketahui oleh perusahaan. Tentunya hal tersebut juga sangat merugikan bagi pihak perusahaan. Oleh karena itu adanya daftar hadir karyawan ini sangat penting untuk menghindari kecurangan yang  dapat dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab.  

 

3. Membuat Administrasi Rapi

 

Tidak hanya memudahkan HRD dalam mengawasi produktivitas dan kedisiplinan karyawan saja. Namun disini dengan melakukan pendataan absensi kehadiran atau presensi karyawan dalam sebuah sistem membuat administrasi menjadi lebih rapi. Sehingga nantinya data-data  akan tersimpan dengan baik dan tentunya lebih teratur. 

 

4. Perhitungan Gaji Karyawan

 

Daftar kehadiran karyawan menjadi dasar utama bagi HRD untuk melakukan perhitungan gaji karyawan. Besar kecilnya jumlah nominal gaji karyawan umumnya dapat dipengaruhi oleh waktu kerja karyawan. Daftar kehadiran karyawan ini dapat menjadi catatan data yang akurat terkait jumlah jam kerja yang dilakukan oleh setiap karyawan, sehingga nantinya perhitungan gaji karyawan menjadi lebih adil. 

 

Penutup

 

Setelah mengetahui pentingnya daftar hadir karyawan dalam suatu perusahaan, tentunya disini pengelolaan kehadiran karyawan dalam setiap perusahaan harus dilakukan dengan sebaik mungkin. 

 

Untuk membantu mempermudah anda mengelola kehadiran karyawan, maka disini anda dapat memanfaatkan aplikasi absensi dari Presensi by GUGU. Disini Presensi by GUGU menyajikan berbagai fitur canggih yang membantu meringankan kinerja HR, mulai dari pencatatan kehadiran karyawan, laporan lembur, laporan izin/sakit, laporan kunjungan sales, laporan tugas, laporan kasbon, pengajuan reimbursement, hingga perhitungan gaji dapat dilakukan secara otomatis dengan Presensi by GUGU. 


Sehingga disini anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu dan tenaga hanya untuk mengelola absensi karyawan, karena hanya dengan satu aplikasi semua dapat terselesaikan secara lebih mudah dan akurat. Jadi tunggu apa lagi beralih dengan Presensi by GUGU sekarang juga dan nikmati kemudahannya!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube