Penting! Inilah 5 Fungsi Aplikasi Absensi Karyawan

2 June 2023

a-809966.png

Kehadiran aplikasi absensi karyawan nyatanya memberikan banyak keuntungan bagi HRD. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Menggunakan aplikasi absensi karyawan menjadi salah satu cara perusahaan dalam menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, melalui pendataan absensi, perusahaan dan HRD dapat dengan mudah mengelola hak-hak karyawan serta memantau kinerja mereka.

 

Seiring dengan kemajuan teknologi, absensi digital membuat pengumpulan data kehadiran karyawan menjadi lebih cepat. Penggunaan aplikasi absensi tidak hanya berfokus pada pencatatan data hadir karyawan, melainkan terintegrasi langsung dengan sistem yang ada di perusahaan.

 

Manfaat dan Fungsi Aplikasi Absensi Karyawan

 

Manfaat menggunakan platform absensi online adalah membantu perusahaan dalam menghitung gaji berdasarkan perhitungan waktu. Selain itu, dengan melakukan absensi akan membuat karyawan untuk tetap disiplin dan menaati kebijakan yang telah ditetapkan. Berikut manfaat lainnya:

 

1. Pendataan Kehadiran Karyawan

 

Dibuatnya sistem absensi karyawan memiliki manfaat utama yaitu mencatat data kehadiran setiap karyawan di perusahaan. Pendataan seperti ini akan memudahkan HRD dalam mengatur kebutuhan karyawan. Mulai dari mengatur pemberian gaji, perhitungan jam lembur, dan mencatat jatah cuti setiap karyawan.

 

2. Menghitung Gaji Karyawan

 

Hal yang terbilang penting untuk HRD dalam mendata kehadiran karyawan yaitu menghitung gaji karyawan. Pemberian gaji biasanya dihitung dari waktu kerja setiap hari selama satu bulan. Besarnya gaji yang diterima bisa dihitung berdasarkan jumlah hari kehadiran karyawan.

 

3. Mengawasi Produktivitas Karyawan

 

Absensi atau presensi karyawan juga bertujuan untuk mengawasi kinerja karyawan. Sebab, jika kinerja karyawan buruk atau produktivitasnya menurun bisa mempengaruhi jalannya perusahaan. Maka HRD membutuhkan data absensi untuk melakukan pengawasan.

 

4. Menghindari Kecurangan

 

Fungsi lain dari menggunakan aplikasi absensi karyawan online adalah untuk menghindari kecurangan. Tidak adanya absensi kehadiran, bisa menimbulkan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan mengenai kehadiran. Karyawan bisa saja tidak masuk kerja namun perusahaan tidak mengetahui hal ini.

 

5. Merapikan Administrasi

 

Melakukan pendataan kehadiran karyawan membuat administrasi menjadi rapi dan tersusun. Data-data karyawan akan tersimpan lebih rapi dan lebih teratur. Apalagi data tersebut akan digunakan untuk mengatur beberapa hak karyawan.

 

Aplikasi absensi karyawan online memang cenderung lebih fleksibel dan cocok untuk perusahaan. Selain itu, didukung oleh fitur lengkap yang akan memudahkan dalam mengurus administrasi karyawan. 

 

Bagi yang tertarik untuk mencobanya, bisa langsung menghubungi Presensi. Kami adalah penyedia platform absensi online dengan teknologi GPS, fitur lembur hingga pengaturan absensi tiap divisi. 

 

Yuk, mulai gunakan Presensi dan rasakan mudahnya mengelola absensi karyawan!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube