Pengertian Performance Review: Tujuan dan Metodenya

13 June 2024

-407563.png

Performance Review atau juga dikenal sebagai penilaian kinerja karyawan merupakan sebuah proses evaluasi kinerja karyawan yang dilakukan secara berkala.

Pada umumnya setiap perusahaan akan melakukan performance review dalam periode waktu tertentu, sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Tentunya hal ini dilakukan bukan dilakukan tanpa adanya tujuan yang jelas, namun hal ini dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja karyawan. 

 

Selain itu performance review ini juga membantu perusahaan dalam mengambil keputusan manajemen. Namun tentunya performance review ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan, ada beberapa metode yang perlu diperhatikan perusahaan disini. Sebelum membahas lebih jauh terkait  metode pada performance review, mari kita mengetahui lebih dalam tentang pengertian performance review di bawah!

 

Apa itu Performance Review ?

 

Performance review merupakan penilaian secara berkala yang dilakukan oleh manajemen perusahaan terhadap kinerja keseluruhan karyawan dan kontribusinya terhadap organisasi. Dalam performance review ini juga memerlukan identifikasi keunggulan dan kekurangan karyawan, menetapkan tujuan masa depan perusahaan, serta umpan balik yang sesuai. 

 

Performance review ini penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan karena memberikan gambaran tentang gambaran tentang tentang kinerja karyawan. Nantinya data tersebut dapat digunakan untuk mengambil keputusan dalam perusahaan, seperti kenaikan gaji, promosi, atau juga mungkin diberhentikan. Hal ini juga dapat membantu mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik untuk kedepannya. 

 

Tujuan Performance Review 

 

Pelaksanaan performance review dilakukan dengan adanya beberapa tujuan yang harus tercapai. Adapun beberapa tujuan performance review yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut ini:

 

1. Mengevaluasi Kinerja Karyawan 

 

Pelaksanaan performance review yang pertama adalah untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Evaluasi karyawan merupakan hal perlu dilakukan oleh setiap perusahaan untuk menghasilkan kinerja karyawan yang optimal sehingga nantinya membawa dampak yang positif bagi perusahaan. Untuk dapat melakukan evaluasi pada karyawan di sini perusahaan perlu mengambil langkah awal, yaitu mencari informasi terkait kinerja karyawan dengan melakukan penilaian kinerja karyawan atau performance review. 


 

2. Mendukung Pengembangan Karyawan 

 

Performance review juga bertujuan untuk mendukung pengembangan karyawan, hal ini dapat dilakukan melalui umpan balik yang konstruktif, karyawan dapat mengidentifikasi area dimana mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Hasil penilaian memungkinkan karyawan untuk terus menyelaraskan diri dengan perubahan dalam tujuan jangka panjang organisasi.

 

3. Meningkatkan Produktivitas 

 

Performance review yang dilakukan secara teratur dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Sehingga perusahaan nantinya dapat memberikan umpan balik yang tepat dan melibatkan karyawan dalam perencanaan pengembangan, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang membuat produktivitas lebih tinggi. 

 

4. Mencapai Tujuan Organisasi 

 

Performance review atau penilaian kinerja karyawan juga membantu perusahaan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Dengan identifikasi kinerja karyawan yang baik, membantu memberikan informasi area yang perlu diperbaiki sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang diperlukan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. 


 

Bagaimana Metode Performance Review 

 

Berikut adalah beberapa metode performance review atau penilaian kinerja karyawan yang dapat anda terapkan dalam perusahaan anda!

 

1. Penilaian Tradisional (Traditional Assessment)

 

Metode pertama yang dapat anda coba terapkan dalam perusahaan adalah dengan melakukan penilaian secara tradisional. Pada umumnya penilaian ini dilakukan oleh manajer atau atasan langsung secara tatap muka. 

 

Nantinya disini kedua belah pihak dapat mendiskusikan hasil kinerja karyawan, tugas, dan tanggung jawab yang dijalankan. Sistem ini dapat dilakukan secara sederhana dan mudah dilakukan, namun meskipun demikian penilaian ini bersifat subjektif yang hanya berdasarkan pengamatan satu pihak saja, sehingga penilaian dinilai kurang akurat. 

 

2. 360- Degree Feedback

 

Metode ini merupakan metode penilaian karyawan yang digunakan untuk mendapatkan umpan balik dari orang-orang yang berada disekitar karyawan, seperti manajer, rekan kerja, pelanggan, dan laporan langsung yang masuk. 

 

3. Evaluasi Diri 

 

Disini karyawan mengisi formulir evaluasi diri untuk merefleksikan kinerja dan perilaku mereka. Evaluasi ini membantu manajemen membandingkan pandangan mereka dengan menyeluruh.  

 

Penutupan 

 

Melakukan performance review menjadi hal yang penting untuk dilakukan setiap perusahaan.  Hal ini karena performance review memiliki banyak membawa manfaat bagi perusahaan, seperti mengatasi hambatan yang seringkali terjadi kepada karyawan yang bisa saja mempersulit pencapaian goals perusahaan.  Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda untuk dapat melaksanakan melakukan performance review dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube