Memilih Aplikasi Absensi Magang Terbaik Untuk Perusahaan

1 September 2022

tes-331325.jpg

Monitoring kinerja dari para karyawan magang merupakan hal yang sangat penting, maka dari itu untuk membuat pekerjaan ini menjadi lebih efisien kita membutuhkan aplikasi yang memumpuni pula

Memilih Aplikasi Absensi Magang Terbaik

Untuk Perusahaan

 

Meski para pemagang perusahaan memiliki status yang tidak permanen dalam perusahaan, namun sistem kerja dan efektivitas kerja para pemagang tetap harus diperhatikan, karena mungkin saja mereka berpotensi untuk menjadi pegawai tetap dan asset yang baik untuk perusahaan. Oleh karena itu monitoring jam kerja dan kehadiran para karyawan magang sangatlah penting untuk dilakukan. Selain itu, peraturan mengenai karyawan magang juga telah diatur dalam peraturan perundang-undangan Indonesia.

 

Aturan Magang Menurut UU Cipta Kerja

Aturan magang sudah tercantum dalam UU Ketenagakerjaan No 13 tahun 2003, Pasal 21 hingga 29. Transformasi ke UU Cipta Kerja tak mengubah sistem magang di perusahaan. Pada dasarnya magang merupakan latihan kerja yang dilakukan oleh seorang karyawan di suatu bidang pekerjaan, biasanya magang ini juga dilakukan oleh mahasiswa semester akhir atau siswa kejuruan yang sedang mencari pengalaman pekerjaan.

 

Para mahasiswa dan siswa kejuruan tersebut akan melakukan magang di sebuah perusahaan paling lama 1 tahun sejak penandatanganan perjanjian magang. Jika nantinya pihak perusahaan memerlukan karyawan magan lebih lama demi mencapai kompetensi tertentu, maka harus membuat perjanjian baru yang telah dilaporkan dan disetujui Dinas Ketenagakerjaan.

 

Aturan magang di undang-undang menyebutkan kewajiban perusahaan menjalin perjanjian dengan calon karyawan. Hal ini tertuang dalam Pasal 22 UU Ketenagakerjaan. Di mana menyebutkan hak dan kewajiban peserta serta pengusaha dan juga karyawan magang yang tidak melakukan perjanjian tertulis maka akan dianggap sebagai pekerja penuh perusahaan.

 

Melihat aturan di atas, perusahaan artinya tak bisa menyepelekan karyawan magang. Sebab pencatatan absensi magang nyatanya perlu dilakukan secara teliti.

 

Pentingnya Absensi Pemagang Untuk Perusahaan

Sama halnya dengan absensi karyawan tetap ataupun karyawan kontrak, absensi karyawan magang juga perlu dipantau dan direkap untuk mengetahui hal-hal berikut ini :

  1. Monitoring Kinerja Karyawan Magang

Karyawan magang biasanya masih dalam masa adaptasi dalam pekerjaannya, maka dari itu mereka perlu banyak belajar dan memonitori keadaan karyawan magang pun sangat penting untuk dilakukan pihak perusahaan. Belum lagi untuk sistem kerja remote atau online, absensi magang akan sangat membantu perusahaan dalam monitoring perkembangan para karyawan magang

 

  1. Pencatatan Jam kerja

Tiap perusahaan memiliki jam kerjanya sendiri bagi tiap divisi, dan tidak ada acuan khusus bagi para pemagang perusahaan untuk bekeja dalam sehari kecuali memang sudah ditentukan oleh perusahaan itu sendiri. Namun biasanya, karyawan yang magang akan diterapkan sama halnya dengan jam kerja karyawan pada umumnya yaitu 8 jam per hari. Jam kerja karyawan yang berlebih atau jam kerja yang kurang, pastinya akan mmerugikan perusahaan juga, apalagi kalau tidak ada catatan atau pengarsipan mengenai jam kerja tersebut.

 

  1. Faktor Penting Pemberian Upah/Gaji

Seperti karyawan pada umumnya, karyawan magang juga akan dibayar sesuai dengan jumlah kehadiran dalam satu bulan dan berapa banyak jam kerja serta lembur yang telah dilakukan selama ada di perusahaan tersebut. Data kehadiran akan sangat membantu tim HR (Human Resource) untuk menentukan upah/gaji karyawan magang tersebut.

 

 

Software Absensi untuk mempermudah pendataan karyawan magang

Absensi magang seringkali masih menggunakan absensi manual atau bahkan dengan menulis nama, seperti yang telah kita bahas mengapa absensi manual memiliki banyak kekurangan. Penggunaan software atau aplikasi presensi atau kehadiran pastinya akan sangan membantu para HR (Human Resource) untuk melakukan pekerjaan tersebut. Berikut ini adalah kelebihan dari penggunaan aplikasi presensi atau kehadiran :

 

  1. Pencatatan Jam datang dan pulang dengan akurat

Menggunakan aplikasi untuk pendataan jam hadir dan jam pulang karyawan magang akan lebih akurat dibanding absen menggunakan absen manual dengan ditulis maupun pengetikan manual.

 

Waktu hadir dan waktu pulang akan langsung tercatat tepat saat para karyawan melakukan presensi masuk atau presensi keluar, penggunaan aplikasi untuk melakukan absen atau presensi bahkan bisa mencegah segala jenis kecurangan jam kerja yang bisa saja dilakukan oleh oknum karyawan, hal ini bisa dicegah oleh penggunaan sistem pengenalan wajah dan sistem integrasi GPS saat karyawan ingin melakukan presensi masuk dan keluar pada aplikasi tersebut.

 

  1. Mengurangi Beban Perusahaan

Dengan menggunakan aplikasi presensi atau kehadiran, perusahaan sidak tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli mesin absensi/presensi, membayar biaya pemansangan dan perawatan. Aplikasi absensi bisa langsung diunduh di goole play store oleh semua karyawan perusahaan menggunakan ponsel pribadi masing-masing

 

  1. Efisien

Selain mempermudah pendataan, aplikasi absensi akan mempercepat rekapitulasi data. Tim HR yang biasa mengecek manual satu per satu kini tak perlu lagi menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga, cukup gunakan fitur rekapitulasi data otomatis.

 

Aplikasi Absensi Digital : Presensi.co.id by gugu

Semua kelebihan tadi bisa kamu rasakan dengan menggunakan aplikasi presensi by gugu, presensi merupakan aplikasi absensi atau kehadiran digital yang memilike berbagai macam fitur untuk pengelolaan karyawan yang secara otomatis mempermudah dan membuat bisnis atau perusahaan kamu lebih efisien dari sebelumnya.

 

Aplikasi absen digital atau attendance app ini memiliki banyak fitur, presensi by gugu menggunakan fitur pengenalan wajah atau facial recognition serta lokasi GPS untuk pencatatan kehadiran seluruh karyawan, data yang terekam juga tidak akan bisa diakali dengan menggunakan Fake GPS Sekalipun.

 

Fitur timesheet online juga akan membantu pekerjaan dari HR (Human Resources) menjadi lebih mudah, dikarenakan dalam fitur ini semua absensi atau kehadiran dan total jam kerja seluruh karyawan sudah tercatat secara otomatis setiap hari, jadi HR, manajer, dan pemilik perusahaan bisa memantau dengan mudah efektivitas kerja para karyawan dengan lebih efisien.

 

Dengan Presensi.co.id by gugu, sistem kehadiran atau absensi dari perusahaan akan menjadi jauh lebih mudah dan efisien, jadi tunggu apa lagi ? pakai presensi sekarang untuk kemudahan rekapitulasi absensi kehadiran karyawan tetap, kontrak, hingga karyawan magang secara akurat.

 

Coba Presensi

Sekarang !

 

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube