Manfaat Attendance Management System Bagi Perusahaan

8 May 2024

-218326.png

Data kehadiran dan sistem absensi karyawan yang dilakukan perusahaan secara manual sangatlah memakan waktu, tenaga, dan juga biaya. Oleh karena hadirnya Attendance Management System sangat membantu HR.

Apa itu Attendance Management System

 

Attendance Management System adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mencatat, mengolah, menyimpan data kehadiran karyawan secara digital, serta menyajikan berbagai fitur yang memudahkan proses penjadwalan kerja, monitoring absensi, serta pengelolaan izin dan cuti. Oleh karena itu penggunaan attendance management system dalam perusahaan ini membantu kinerja HR menjadi lebih mudah dan efisien sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan manual dalam pengelolaan kehadiran karyawan.    

 

Sistem attendance management ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan perusahaan, mulai dari bisnis  kecil UMKM, menengah, dan juga bisnis berskala besar. Selain itu sistem ini ini sangat cocok digunakan dalam berbagai jenis bidang industri seperti ritel,farmasi, otomotif, elektronik, manufaktur dan masih banyak lainya. 

 

Penggunaan sistem atau software ini tidak hanya sekedar memberikan data terkait kehadiran atau absensi saja, namun juga dapat membantu HR dalam membuat keputusan penting terkait sumber daya dalam perusahaan tersebut. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang dapat diterima perusahaan dengan menggunakan attendance management system ini, adapun berbagai manfaat lainya seperti berikut ini:

 

Manfaat Attendance Management System dengan Presensi by GUGU Pada Perusahaan 

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, attendance management system merupakan sebuah solusi yang sangat dibutuhkan oleh HR disetiap perusahaan. Untuk mengetahui manfaat lebih jauh dari penerapan attendance management system, mari kita simak penjelasan berikut ini:

 

1. Pemantauan Kehadiran yang Akurat 

 

Penggunaan  attendance management system ini membantu HR untuk mendapatkan keakuratan data yang diterima. Hal tersebut dapat terjadi karena sistem ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kehadiran karyawan secara real-time dengan akurasi data yang lebih tinggi dibandingkan pemantauan secara manual. Attendance management system dari Presensi by GUGU ini melakukan pencatatan kehadiran karyawan secara lebih akurat dengan melampirkan bukti lokasi dengan GPS dan foto selfie sehingga meminimalisir kecurangan yang dapat dilakukan oleh karyawan. 

 

2. Pengelolaan Jadwal yang Lebih Efisien 

 

Dengan adanya sistem ini perusahaan dapat lebih mudah mengatur jadwal kerja karyawan sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan. Sistem ini memungkinkan HR untuk mengatur shift, izin, cuti secara terotomatisasi sehingga kinerja menjadi lebih efisien. Selain itu sistem ini juga dapat memberikan pemberitahuan kepada karyawan mengenai informasi penting perusahaan sehingga mengurangi kebingungan yang dapat terjadi pada karyawan. 

 

3. Meningkatkan Efisiensi Administrasi 

 

Sistem manajemen kehadiran ini tentunya membantu meningkatkan efisiensi administrasi dalam pengelolaan kehadiran karyawan. Pengelolaan secara manual yang memakan banyak waktu dapat digantikan dengan sistem yang otomatis dan terkomputerisasi. Selain itu. sistem ini mampu mengumpulkan, mengelola data, dan juga menyimpan data secara lebih aman sehingga nantinya mempermudah HR dalam mencari data yang dibutuhkan nantinya. 

 

4. Analisis Kehadiran untuk Pengambilan Keputusan 

 

Attendance management system ini menyediakan data kehadiran karyawan secara lengkap dan terperinci yang nantinya proses analisis menjadi lebih mudah. Dengan tersajinya data ini membantu mempurmudah HR dalam memahami pola kehadiran karyawan, mengidentifikasi tren, mengevalusi kinerja, dan juga membantu mempermudah mengambil keputusan yang lebih baik terkait dengan manajemen sumber daya manusia. Hal ini tentunya juga membantu HR dalam mengidentifikasi hal-hal atau bagian yang perlu diperbaiki kedepanya.

 

5. Meningakatkan Kualitas Kerja 

 

Sietem ini membantu meningkatkan kualitas karja dengan memantau kehadiran karyawan secara efektif. Dengan menggunakan sistem yang dapat memantau kehadiran karyawan secara real-time maka tentunya perusahaan juga dapat mengidentifikasi man akaryawan yang sering terlambat dan karyawan yang datang tepat waktu, ini akan membantu meningkatkan kualitas kerja dan meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pentingnya kehadiran yang tepat waktu. 

 

Kesimpulan 

 

Dapat kita simpulkan bahwa penerapan attendance management system dalam perusahaan membantu meningkatkan akurasi, efisiensi, dan produktivitas kinerja. Dengan menggunakan aplikasi ini perusahaan sapat memastikan kehadiran karyawan yang lebih teratur, mengurangi biaya uang tekait absensi, dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. 


Presensi by GUGU dapat menjadi salah satu rekomdasi attendance management system yang terbaik. Hal tersebut karena Presensi by GUGU memiliki berbagai fitur yang dibutuhan HR dalam mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan, mulai dari pencatatan kehadiran karyawan, pengajuan izin/cuti, lembur, kunjungan sales, kasbon, rembusment, hingga perhitungan payroll secara otomatis. Semua fitur tersebut dapat anda nikmati secara gratis dalam masa uji coba 2 bulan dan 12 bulan. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan Perusahaanmu sekarang juga hanya di Presensi by GUGU!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube