Manajemen Talenta: Pengertian, Strategi, & Manfaatnya

23 March 2024

-628043.png

Manajemen Talenta merupakan salah satu tugas penting yang dilakukan setiap perusahaan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan juga mempertahankan individu yang memiliki bakat dan potensi untuk mengembangkan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, karyawan atau talenta merupakan sebuah aset berharga yang perlu dipertahankan oleh  karena dapat membantu perusahaan untuk nerkembang. Untuk itu, mari kita simak penjelasan dibawah ini: 

 

Manajemen Talenta

 

Talent Management atau manajemen talenta adalah suatu pendekatan untuk merekrut, mengembangkan, dan juga mempertahankan karyawan yang berpotensi dan berkualitas. 

 

Manajemen talenta ini berfokus pada pengelolaan karyawan mulai dari karyawan masuk bekerja hingga nantinya karyawan keluar dari perusahaan. Pada umumnya mengidentifikasikan karyawan ini dilakukan dengan melihat potensi, perkembangan keterampilan, pencapaian, dan juga bakat yang dimiliki. 

 

Adanya manajemen talenta ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. Hal tersebut karena dengan adanya manajemen talenta ini dapat memastikan bahwa posisi dalam perusahaan telah ditempati oleh karyawan yang tepat sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki. 

 

Manfaat Manajemen Talenta 

 

Ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dengan menerapkan manajemen talenta tersebut. Berikut adalah manfaat dari penerapan manajemen talenta:

 

1. Menempatkan Karyawan yang Sesuai pada Posisi Tertentu

 

Manfaat yang pertama dari manajemen talenta adalah dapat menyesuaikan posisi pekerjaan dengan karyawan dan keterampilan yang dimilikinya. Kesesuaian antara posisi dan keterampilan yang dimiliki karyawan merupakan suatu hal yang penting. Hal tersebut karena dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam perusahaan tersebut. Karyawan nantinya dapat bekerja lebih efektif dan efisien serta memberikan kontribusi nyata pada perusahaan. 

 

2.  Mempertahankan Karyawan Berkualitas 

 

Manfaat yang selanjutnya dari manajemen talenta yaitu perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang berkualitas dan juga berpotensi memiliki kontribusi nyata bagi perkembangan perusahaan. Seperti yang diketahui bahwa manajemen talenta ini akan ini akan mengidentifikasi setiap individu yang memiliki potensi, kemudian setelah menemukan individu yang berkualitas maka nantinya perusahaan akan melakukan program untuk mengembangkan potensi karyawan. Pengembangan talenta karyawan ini nantinya juga bertujuan agar karyawan tersebut dapat berkontribusi nyata mengembangkan perusahaan. Tentunya hal ini juga membantu perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas.

 

3. Memajukan Perusahaan 

 

Talent management ini juga memiliki manfaat lain bagi perusahaan, seperti dapat memajukan perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas. Adanya karyawan yang berkualitas, dan memiliki kemampuan kompetensi yang tinggi ini tentunya juga akan berpengaruh pada kinerja bisnis dalam perusahaan. 

 

Karyawan dengan kompetensi tinggi juga berpotensi tinggi dapat berkontribusi nyata untuk mengembangkan perusahaan. Sehingga nantinya dengan ide, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki karyawan tersebut, tentunya dapat berperan aktif memajukan perusahaan. 

 

Strategi Manajemen Talenta 

 

Setelah mengetahui manfaat yang didapatkan perusahaan dengan menerapkan manajemen talenta maka selanjutnya anda juga perlu mengetahui strategi dalam melakukan manajemen talenta. Berikut adalah strategi manajemen talenta yang dapat anda terapkan dalam perusahaan anda: 

 

1. Merekrut 

 

Tahapan pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mencari dan merekrut individu-individu yang bertalenta dalam bidang perusahaan anda.  Tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. 

 

Disini, terlebih dahulu anda perlu melakukan mendeskripsikan pekerjaan yang terperinci dan jelas pada setiap posisi. Kemudian anda akan mencocokan kemampuan dan potensi karyawan dengan deskripsi yang telah anda buat sebelumnya. Sehingga nantinya membantu anda dapat merekrut karyawan yang sesuai dengan talenta yang dimilikinya. 

 

2. Mengembangkan 

 

Setelah merekrut karyawan yang berkualitas tahapan yang selanjutnya adalah mengembangkan bakat dan potensi karyawan menjadi lebih baik. Disini anda dapat menggunakan program pelatihan  karyawan sebagai salah satu cara mengembangkan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Selain mengembangkan pengetahuan dan keterampilan karyawan, pelatihan ini juga membantu meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan. 

 

3. Mempertahankan

 

Tahapan yang selanjutnya adalah mempertahankan karyawan berkualitas dengan kemampuan dimilikinya. Tentunya karyawan yang berkualitas adalah salah satu aset penting bagi perusahaan, sehingga perlu dipertahankan dalam perusahaan. 

 

Dalam mempertahankan karyawan yang berkualitas ini anda dapat melakukan umpan balik atau feedback pada karyawan dalam perusahaan. Anda juga dapat memberikan apresiasi pada setiap pencapaian karyawan, hal tersebut dapat membuat karyawan merasa lebih dihargai sehingga nantinya dapat membantu mempertahankan karyawan untuk tetap bekerja dalam perusahaan anda. 

 

Penutup 

 

Demikianlah penjelasan mengenai manajemen talenta yang sangat penting untuk diketahui HR pada setiap perusahaan. Hal tersebut karena manajemen talenta dapat memiliki banyak manfaat, seperti menempatkan karyawan yang tepat, mempertahankan karyawan yang berkualitas, dan juga membantu memajukan perusahaan menjadi lebih baik. 

 

Dalam mencapai hal tersebut anda dapat menerapkan strategi manajemen talenta seperti merekrut, mengembangkan dan juga mempertahankan karyawan yang berkualitas. Selain memfokuskan pada keterampilan dan pengetahuan karyawan, kedisiplinan juga menjadi hal penting yang harus anda perhatikan. 

 

Untuk mempermudahkan anda dalam melakukan pengelolaan karyawan, anda dapat menggunakan sistem dari Presensi by GUGU yang telah dilengkapi berbagai fitur canggih. Seperti laporan absensi, laporan kunjungan sales, laporan lembur, pengajuan izin/cuti, pengajuan kasbon, pengajuan reimbursement, hingga penghitungan payroll secara otomatis. 


Selain memiliki banyak fitur canggih dan harga yang terjangkau, aplikasi HR dari Presensi by GUGU ini juga memberikan uji coba secara gratis bagi pengguna pertama selama 2 bulan dan 12 bulan.  Jadi tunggu apa lagi? Serahkan pengelolaan karyawan perusahaan anda pada Presensi by GUGU sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube