Cara Memantau Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Aplikasi

25 January 2023

-521577.png

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pemantauan kinerja karyawan merupakan salah satu proses untuk mengevaluasi dan meningkatkan tingkat produktivitas karyawan untuk suatu perusahaan. Namun akan membutuhkan upaya lebih untuk memastikan bahwa mereka benar-benar hadir secara real-time.

 

Apalagi pada masa transisi pasca pandemik seperti ini, masih banyak perusahaan yang memberlakukan sistem WFH, remote, atau hybrid. Dengan berubah-ubahnya pola kerja, memonitor para karyawan pun menjadi hal yang lebih sulit pula.

 

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini kendala tersebut dapat diatasi melalui smartphone kamu dengan menggunakan aplikasi tertentu, sudah banyak perusahaan pula yang menggunakan kecanggihan software HRIS untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang terkait dengan produktivitas

 

Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, HR tidak hanya bisa melakukan monitoring kehadiran dan durasi kerja dari setiap karyawan. Terdapat berbagai macam fitur lain yang tidak kalah efisien dan pentingnya juga, simak untuk tahu lebih lanjut !

 

Mengenal Aplikasi Monitoring Kinerja Karyawan

Aplikasi atau software monitoring karyawan telah dikembangkan dengan berbagai macam fitur dengan tujuan untuk mengevaluasi karyawan secara efisien dan menambah tingkat produktivitas pula.

 

Dengan menggunakan aplikasi ini, penilaian kinerja para karyawan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu aplikasi ini juga memiliki beragam manfaat lainnya seperti :

 

  • Mengurangi Kekhawatiran

Aplikasi monitoring akan membantu untuk memastikan apakah karyawan telah melakukan tanggung jawab terhadap tugas atau pekerjaannya. Dan hal ini juga dapat dimonitoring dimana saja dan kapan saja, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi saat berada di luar kantor.

 

  • Menghemat Biaya Operasiaonal

Budget perusahaan yang dikunakan untuk membeli alat perkantoran bisa menjadi lebih hemat karena karyawan dapat bekerja dari mana saja, dan tetap produktif juga

 

  • Penyimpanan Data Karyawan Menjadi Lebih Tertata

Aplikasi monitoring karyawan juga akan dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan data karyawan dengan keamanan yang terjamin dan akses ke data karyawan juga lebih mudah karena terpusat di satu tempat. Jadi kamu tidak perlu repot lagi untuk mencari dan menyimpan data serta file secara manual.

 

  • Memastikan Karyawan Memenuhi KPI atau OKR meskipun remote

KPI atau Key Performance Indicator merupakan hal yang penting dalam penilaian kinerja karyawan atau tim, namun dikarenakan pola kerja yang berubah-ubah, penilaian KPI tersebut akan menjadi lebih sulit jika hanya menggunakan cara manual.

 

Dengan menggunakan aplikasi, divisi atau tim HR dapat memonitor kinerja karyawan secara remote, di sisi lain juga karyawan masih dapat memenuhi KPI meski tidak dipanatu secara langsung karena harus absen.

 

Monitor Absensi Karyawan dengan aplikasi berbasis GPS

Memonitoring kinerja karyawan yang memilikipola kerja yang berbeda-beda memang akan lebih sulit jika kamu masih menerapkan cara monitoring yang konvensional. Ada cara yang lebih efisien dengan menggunakan aplikasi dikarenakan aplikasi memiliki fitur otomasi untuk berbagai hal yang pastinya akan memudahkan monitoring kinerja karyawan bagi para HRD

 

Untuk perusahaan yang sedang mengaplikasikan WFH dan hybrid, kamu bisa tentukan lokasi yang akan menjadi area para karyawan untuk melakukan absensi kehadiran, dengan begitu para karyawan yang ada di cabang kantor lain atau di rumahnya pun dapat melakukan absensi kehadiran dan melakukan pekerjaannya seperti biasa.

 

Setelah karyawan melakukan absen, HRD dapat memantau atau melakukan monitoring secara real-time dimana saja dan kapan saja, dengan ini HRD bisa secara efisien melakukan evaluasi pada para karyawan dengan melihat laporan kehadiran dari para karyawan.

 

Menyepakati lokasi absen kehadiran juga akan mengurangi tingkat kecurangan dari para karyawan yang terkait dengan kehadirannya. Maka dari itu agar lebih aman kamu dapat mengandalkan fitur face detection atau deteksi wajah yang dimiliki presensi.co.id

 

Menggunakan Aplikasi Presensi.co.id Yang Multifungsi

Memonitoring kinerja karyawan dapat menjadi pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan waktu yang lama, aplikasi presensi.co.id bisa menjadi opsi untuk kamu implementasikan dengan perusahaan kamu untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang ada di perusahaan kamu dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh presensi.

 

Presensi merupakan aplikasi absensi berbasis GPS dan face detection yang memiliki berbagai fitur, mulai dari fitur absensi selfie, timesheet, jadwal shift kerja, kelola lembur, hingga memantau kunjungan sales ke lokasi secara online dan real-time.

 

Masih banyak fitur presensi yang akan membuat berbagai pekerjaan perusahaan kamu menjadi lebih efisien dan produktif, jadi tunggu apa lagi ? daftarkan perushaan atau bisnis kamu sekarang, dan nikmati beragam fiturnya !!

 

Coba Presensi

Sekarang Juga !

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube