Absensi Elektronik Vs Absensi Online, Mana yang Lebih Baik?

24 August 2022

-713843.webp

Absensi adalah salah satu metode pencatatan kehadiran karyawan. Dulu pencatatan absensi karyawan dilakukan secara manual melalui tanda tangan pada secarik kertas. Kini, sistem absen elektronik atau absensi elektronik dan absensi online lebih populer karena lebih canggih dan modern. 

Selain itu, data absensi karyawan adalah informasi penting yang harus dikelola dengan baik karena bisa dijadikan salah satu pedoman kebijakan strategis perusahaan.

Salah satu tantangan dalam pengelolaan absensi adalah memilih sistem absen elektronik yang paling efektif dan cocok untuk perusahaan. 

Semua perusahaan pasti ingin “berinvestasi” pada sistem absensi yang paling baik untuk menjaga kedisiplinan karyawan. Sehingga terkadang perusahaan kebingungan untuk menentukan sistem mana yang paling cocok digunakan.

Absensi Elektronik Vs Absensi Online, Mana yang Lebih Baik?

Dari banyaknya pilihan, sistem absensi elektronik dan absensi online adalah yang paling banyak digunakan. Manakah yang lebih baik di antara keduanya? Simak penjelasan mengenai absen elektronik berikut ini.

Pengertian Absensi Online dan Absensi Elektronik Adalah?

Sistem absensi elektronik sebenarnya sudah digunakan sejak tahun 1997 dengan menggunakan keamanan sidik jari. Setiap orang memiliki pola sidik jari yang berbeda, sekalipun kembar identik. 

Selain sidik jari, contoh absensi elektronik lainnya adalah perekaman struktur wajah dan ada juga sistem magnetic card yang menggunakan kartu akses.

Konsep absen elektronik yang ini pencatatannya sama, karyawan diminta untuk menempelkan sidik jari/ scan wajah/ swipe kartu akses yang telah direkam pada mesin saat masuk atau pulang kantor. 

Sistem absensi online berbeda dengan absensi elektronik yang membutuhkan mesin. Hal ini karena sistem pencatatan jam kehadiran karyawan dilakukan melalui website yang diakses melalui komputer masing-masing yang sudah terhubung internet. 

 

Karyawan hanya perlu memasukkan username dan password agar dapat melakukan absensi sendiri di mana saja.

Sistem kerja absen elektronik berbasis online ini sangat bergantung pada jaringan internet. 

Kelebihan Absen Elektronik Atau Absensi Elektronik

Penerapan Absen Elektronik Offline Cukup Sederhana 

Operasional sistem absensi elektronik ini lebih mudah digunakan dibandingkan sistem absensi online.

Bagi karyawan yang tidak mengerti cara mengoperasikan komputer, absensi dengan sidik jari masih efektif untuk digunakan.

Digunakan untuk Mengelola Administrasi Kecil

Karena sifatnya masih manual, yaitu karyawan mendatangi mesin absen, maka sistem ini lebih cocok digunakan untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang tidak besar. 

Absen Elektronik Tidak Membutuhkan Teknologi Khusus

Proses pengoperasian dan perawatan mesin absen elektronik dilakukan oleh tenaga manusia sehingga perusahaan merasa tidak perlu belajar teknologi khusus. 

Kelebihan Absensi Online

Lebih Hemat Biaya Operasional

Sistem absensi online tidak membutuhkan biaya pengadaan mesin dan biaya perawatan secara berkala.

Dari sisi biaya operasional, tentu sistem online lebih hemat dibandingkan elektronik. 

Akurasi Data yang Tinggi untuk Meminimalisir Tingkat Kesalahan

Potensi kecurangan yang dilakukan pada sistem absen online lebih kecil karena masing-masing karyawan memiliki username dan password unik.

Selain itu, dengan fitur GPS yang dimiliki sistem absen elektronik online, divisi HR bisa langsung mengetahui lokasi di mana karyawan melakukan absensi.

 

Jadi mana yang lebih baik?

Secara operasional memang absensi online memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan sistem absen elektronik berbasis hardware. 

Menuju era industri 4.0 yang dikenal dengan istilah internet of things (IoT) perusahaan Anda juga harus segera beradaptasi agar tidak tertinggal.

Jika Anda masih ragu menggunakan absensi onlineajukan demo gratis dari Presensi secara gratis. 

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube