9 Strategi Pemasaran pada Media Sosial Untuk Meningkatkan Jangkauan

31 May 2024

-404684.png

Strategi pemasaran saat ini telah banyak memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan interaksi, pertumbuhan brand, dan jangkauan audiens.

Dalam era digital yang semakin berkembang strategi pemasaran pastinya mengalami kemajuan. Seorang pengusaha ataupun staff management harus memiliki wawasan yang luas dan selalu mengikuti perkembangan pemasaran untuk meningkatkan brand awareness. 

 

Sosial media saat ini merupakan platform yang harus diperhatikan untuk bisa meningkatkan jangkauan target anda. Pemasaran melalui media sosial diharapkan agar masyarakat dapat menyadari keberadaan brand atau produk anda. Sehingga, nantinya dapat menarik perhatian audiens untuk membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan.

 

Pemasaran melalui media sosial sendiri merupakan pemasaran yang tergolong mudah untuk dijalankan. Mengingat saat ini telah banyak orang yang menggunakan  media sosial, sehingga pemasaran melalui media sosial ini memberi peluang untuk memperluas jangkauan dan berinteraksi dengan audiens. Platform media sosial yang banyak digunakan saat ini seperti Factbook, Instagram,Tiktok, Twitter, Line, dan Whatsapp.

 

Pemasaran melalui media sosial sendiri dapat dilakukan dengan berbagai bentuk seperti dengan konten video, ilustrasi gambar menarik, narasi, maupun ulasan. Pemasaran ini juga harus memberikan informasi menarik seperti hal kelebihan, keunikan, aspek keindahan, manfaat, dan jenis dari produk atau jasa yang ditawarkan. 

 

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran pada media sosial yang dapat meningkatkan peluang memperluas jangkauan dengan maksimal : 

 

Baca juga : 11 Tantangan Bisnis di Era Digital yang Wajib Diketahui

 

Strategi Pemasaran Pada Media Sosial 

 

1. Mengetahui Siapa Target Audiens

 

Peranan media sosial dapat sangat berpengaruh besar dalam mempromosikan produk atau jasa pada sebuah bisnis. Namun hal ini dapat berjalan dengan optimal jika anda mengetahui dan memahami siapa target audiens anda. 

 

Oleh karena itu, sebelum melakukan promosi terhadap sebuah produk atau jasa, harus dipastikan anda mengetahui siapa target audiens anda. Target audiens sendiri merupakan sekelompok orang yang paling berpotensi untuk membeli produk atau jasa dari produk yang anda tawarkan. 

 

Tidak hanya mengetahui target audiens, namun anda juga harus mengenali minat dan kebutuhan apa yang target anda inginkan dan butuhkan. Hal ini dapat digunakan untuk membantu anda membuat konten yang relevan dengan target audiens anda. 

 

2. Pemilihan Platform yang Tepat

 

Pemilihan platform yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Setiap platform memiliki karakteristik  yang berbeda- beda. Karena hal ini, mengakibatkan tidak semua platform cocok untuk bisnis. Anda harus melakukan analisis platform mana yang banyak digunakan oleh audiens anda. Penargetan pasar yang tepat dapat meningkatkan jangkauan dan menjaga interaksi yang intens sehingga akan meraih semakin banyak pembeli. 

 

3. Menciptakan Konten yang Berkualitas

 

Memastikan konten yang diunggah pada media sosial memiliki kualitas yang yang tinggi merupakan hal wajib untuk dilakukan, agar konten anda tetap relevan terhadap audiens anda.

 

Konten pada sosial pada umumnya mencakup beberapa hal seperti teks, gambar, video, dan animasi. Sebuah konten dapat dinilai berkualitas dengan menerapkan  unsur-unsur seperti relevan dengan minat dan kebutuhan pembeli, kreatif, original, memiliki desain yang menarik, bebas dari kesalahan penulisan, dan juga memiliki nilai informasi yang bermanfaat bagi audiens. 

 

Dengan memperhatikan unsur-unsur di atas, konten yang dibuat akan memiliki kualitas yang tinggi. Para audiens pun akan semakin tertarik terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. 

 

4.  Pemanfaatan Hastag 

 

Hashtag merupakan kata atau kunci yang dieja tanpa spasi dan diawali dengan tanda pagar (#) yang digunakan di postingan pada media sosial untuk membantu mengarahkan orang yang tertarik pada suatu topik menemukan konten yang sesuai dengan topik tersebut. 

 

Penggunaan hashtag pada platform media sosial seperti pada Tiktok, Instagram, dan juga Twitter sering dimanfaatkan untuk meningkatkan jangkauan dan membagikan konten sesuai dengan target pasar.

 

Pemilihan hastag juga harus relevan dengan isi konten yang akan dibagikan. Tak hanya itu, pemilihan hastag yang sedang trending juga akan meningkatkan peluang untuk konten banyak ditemukan audiens. 

 

5. Konsistensi Membuat Postingan

 

Memposting konten dengan konsisten sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan adanya konsistensi dalam memposting konten akan membantu untuk memaksimalkan engagement tanpa mengalami jeda. 

 

6.  Membangun Interaksi Dengan Baik

 

Untuk membangun hubungan lebih kuat terhadap audiens harus adanya interaksi dengan para audiens. Dengan membalas komentar, pesan, ataupun pertanyaan dari audiens secara cepat merupakan salah satu cara untuk membangun interaksi terhadap audiens.

 

Membangun interaksi yang baik juga harus dilakukan dengan bersikap ramah kepada semua audiens. Jika ada komplain dari konsumen juga harus disikapi dengan ramah dan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. Sehingga pelanggan lain yang melihat sikap anda menanggapi dengan ramah, mereka akan memberikan dukungan dan kepercayaan pada anda.

 

7. Mengikuti Iklan Platform

 

Ada beberapa platform yang menawarkan iklan seperti pada Facebook, Tiktok, dan Instagram. Iklan ini akan membantu konten anda terarah dan ditemukan oleh target audiens anda. Sehingga brand anda dijangkau oleh audiens yang semakin luas. 

 

8. Melakukan Kerjasama Dengan Influencer. 

 

Influencer merupakan figur yang dapat mempengaruhi penontonnya terhadap argumen yang disuarakan. Pada umumnya seorang influencer memiliki ratusan hingga ribuan pengikut di media sosialnya. 

 

Dengan melakukan kerjasama dengan influencer, mereka akan mempromosikan maupun merekomendasikan produk kepada audiens di media sosialnya. Sehingga kolaborasi ini akan meningkatkan jangkauan dan penjualan produk anda.

 

9. Analisis dan Evaluasi Kinerja

 

Setelah menerapkan strategi diatas, anda harus melakukan analisis rutin terhadap kinerja strategi yang telah anda lakukan. Anda harus mencermati jumlah pengikut media sosial anda, tingkat interaksi anda dengan audiens, dan konversi sebagai evaluasi dari efektivitas terhadap strategi yang telah anda lakukan. 

 

Analisis dan evaluasi kinerja ini harus selalu dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

 

Kesimpulan 

 

Pemasaran melalui media sosial bertujuan untuk mempromosikan, mengajak, dan mengenalkan brand agar terjangkau luas oleh audiens. Strategi pemasaran di media sosial ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis konten dan platform.

 

Ada banyak platform media sosial yang dapat digunakan untuk melakukan pemasaran terhadap brand anda. Namun karena setiap platform memiliki karakteristik tersendiri, anda harus merencanakan strategi untuk memasarkan brand anda. 

 

Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat pada media sosial dapat meningkatkan brand awareness dan jangkauan pemasaran yang luas sehingga akan meningkatkan pertumbuhan bisnis anda.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube