8 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Secara Tepat

8 August 2023

a-322657.png

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan? Apa saja yang harus dilakukan? Temukan jawabannya di sini. Baca artikel ini sampai habis ya!

Produktivitas karyawan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan, tentu kita membutuhkan kinerja yang baik antara pihak manajemen perusahaan dan pihak karyawan.

 

Namun dalam pelaksanaannya, terkadang karyawan memiliki fase naik dan turun dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Ketika karyawan berada di kondisi baik, mereka akan memberikan hasil yang baik juga.

 

Sebaliknya, ketika karyawan berada dalam kondisi buruk, maka pasti akan memberikan hasil yang kurang maksimal.

 

Karena itu, untuk mencapai tujuan bersama anda harus selalu memperhatikan produktivitas karyawan dan memastikan bahwa mereka terus berada dalam kondisi baik. Agar mereka dapat bekerja secara maksimal.

 

Artikel ini akan membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas karyawan agar performa perusahaan terus meningkat.

 

Simak informasinya!

 

Cara Terbaik dan Tepat Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

 

Ingin membuat karyawan lebih produktif saat bekerja? Pastikan untuk menciptakan lingkungan perusahaan yang sehat. Inilah 8 cara meningkatkan produktivitas karyawan agar performa perusahaan terus meningkat.

 

1. Menyesuaikan Keahlian Karyawan dengan Tugasnya

 

Memberi tugas karyawan sesuai dengan keahliannya akan meningkatkan produktivitas secara signifikan. Selain mengurangi resiko kesalahan dan meningkatkan efisiensi, karyawan yang melakukan pekerjaan sesuai dengan keahliannya akan merasa lebih percaya diri, bahkan cenderung mudah mengeluarkan ide cemerlang.

 

Selain keahlian, kepribadian karyawan juga bisa menjadi penentu produktivitas terkait dengan tugas-tugasnya. Contohnya, karyawan ekstrovert dan persuasif cocok menjalankan tugas seperti presentasi di depan klien. Sedangkan karyawan dengan kemampuan manajerial dan luwes saat bekerja dalam kelompok bisa ditunjuk menjadi pemimpin tim kerja kolaborasi.

 

2. Menciptakan Sistem Komunikasi Efektif

 

Kualitas komunikasi internal di perusahaan bisa menentukan lingkungan kerja dan produktivitas. Pentingnya komunikasi internal antar karyawan, bahkan sama pentingnya dengan komunikasi pemasaran dan penjualan. Komunikasi akan menjadi penting ketika karyawan bekerja secara berjauhan.

 

Sistem komunikasi yang efektif memungkinkan karyawan untuk mendapat informasi penting terkait pekerjaan mereka. Komunikasi yang efektif juga berperan penting dalam kerja kolaborasi jarak jauh. Karyawan juga bisa mengatasi masalah dengan lebih cepat dalam keadaan darurat dan mendapat umpan balik memuaskan dari manajer atau atasan. Hal ini sangat berpengaruh besar pada tingkat produktivitas.

 

3. Memberikan Program Pelatihan Kepada Karyawan

 

Biaya pelatihan memanglah tidak murah. Tapi perusahaan bisa meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengadakan training atau memfasilitasi untuk mengikuti training yang diadakan oleh pihak luar.

 

Perusahaan bisa memberikan beragam pelatihan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari pelatihan teknis seperti program digital atau alat berat, hingga soft skills seperti kepemimpinan dan keahlian manajerial.

 

4. Evaluasi Kerja Secara Rutin

 

Terkadang terdapat beberapa karyawan yang tidak sadar bahwa produktivitasnya menurun atau karyawan yang bersifat acuh dengan performanya dalam bekerja. Evaluasi dapat membantu karyawan dan perusahaan mendapatkan insight mengenai performa dan kinerja mereka dalam bekerja.

 

Ada baiknya jika evaluasi dilakukan secara rutin dan berkala agar produktivitas perusahaan dapat terukur dengan baik dan tinggi. Anda dapat menerapkan evaluasi melalui penilaian langsung dari atasan atau supervisor serta feedback antar karyawan agar mendapat point of view dari berbagai perspektif.

 

Baca juga : 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Karyawan di Era Digital

 

5. Program Benefit Karyawan

 

Upah atau gaji diberikan kepada karyawan karena telah menyelesaikan kewajibannya yaitu bekerja. Sedangkan tunjangan atau benefit karyawan merupakan tambahan pendapatan yang berfungsi untuk mempertahankan kenyamanan karyawan didalam perusahaan.

 

Hal ini yang menjadi kunci dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang terdorong karena rasa nyaman mereka dalam bekerja dalam lingkungan perusahaan. Benefit yang dapat diberikan kepada karyawan cukup beragam mulai dari tunjangan keluarga, tunjangan kesejahteraan, tunjangan kesehatan, sistem kerja fleksibel (hybrid atau work from home), serta program career path atau kesejahteraan finansial.

 

6. Berikan Fasilitas Maksimal Untuk Mendukung Kinerja Karyawan

 

Bagaimana seorang karyawan bisa menjadi produktif jika fasilitas yang diberikan kurang memadai. Disinilah peran perusahaan untuk memberikan fasilitas yang maksimal untuk mendukung kinerja karyawan agar lebih maksimal.

 

Misal yang menjadi konsentrasi utama adalah perangkat untuk bekerja, seperti laptop, komputer hingga koneksi internet. Koneksi internet yang lambat bisa menjadi hambatan besar untuk kinerja karyawan.

 

Perusahaan juga bisa meminimalisir sebagian pekerjaan manual. Jadi karyawan pun tidak harus membuang waktu untuk melakukan aktivitas seperti menggunakan printer atau meminta dokumen kepada divisi lain.

 

7. Ciptakan Tujuan Kerja dan Motivasi yang Kuat

 

Produktivitas bisa terjadi ketika karyawan memiliki motivasi dan tujuan kerja. Perusahaan harus menanamkan hal ini sejak awal melalui visi dan misi yang kuat, sebelum mengaitkannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan. Jelaskan mengapa tugas karyawan tersebut penting bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misi mereka.

 

Ketika karyawan merasa bahwa pekerjaan mereka penting dan bernilai, motivasi mereka akan bertambah. Hal ini bisa berdampak positif pada produktivitas karena karyawan akan lebih terpacu untuk menemukan solusi, ide, atau inspirasi untuk membuat mutu pekerjaan mereka agar lebih baik.

 

8. Ciptakan Suasana Lingkungan Kerja yang Baik

 

Cara membuat karyawan lebih produktif yang terakhir adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung. Pastikan karyawan memiliki akses ke peralatan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka.

 

Sebisa mungkin, anda harus memahami kebutuhan karyawan dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, penting juga untuk menciptakan budaya kerja yang positif dengan berkolaborasi membentuk kepercayaan satu sama lain.

 

Tingkatkan Produktivitas Karyawan Dengan Mudah Menggunakan Presensi by GUGU

 

Beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas karyawan di atas, kini bisa anda lakukan dengan lebih mudah, praktis, dan efisien dengan adanya aplikasi Presensi by GUGU. Presensi merupakan aplikasi untuk memantau kehadiran, shift kerja, hingga lembur karyawan.

 

Fitur kehadiran di aplikasi Presensi by GUGU akan membantu anda untuk memantau kehadiran seluruh karyawan hanya dengan menggunakan ponsel pribadi anda.

 

Jam kehadiran, kepulangan, dan lokasi akurat dapat terpantau dalam satu platform dengan penyimpanan berbasis cloud.

 

Tak hanya itu, dengan Presensi by GUGU juga dapat mengatur dan memantau jadwal shift kerja secara otomatis, efektif, dan efisien tanpa perlu repot melalui fitur shift kerja.

 

Aplikasi tracking karyawan ini juga memiliki fitur kelola lembur, fitur ini akan memudahkan anda untuk mengelola jadwal lembur karyawan dan memantau apakah karyawan yang lembur telah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


Semua itu dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui ponsel pribadi anda. Jadi tunggu apalagi? Coba sekarang juga!

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+6285700102030

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube