5 Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Gratis untuk Pengguna Android & iOS

20 May 2025

-846773.png

Aplikasi absensi online berbasis web kini semakin banyak dicari untuk mendukung pengelolaan kehadiran dalam perusahaan atau organisasi di segala sektor.

Menjaga akurasi dan efisiensi pengelolaan absensi di tempat kerja atau suatu organisasi kini menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini karena dengan data kehadiran yang akurat, perusahaan dapat memastikan produktivitas karyawan, mengelola gaji, serta menjalankan kebijakan cuti dan lembur dengan benar.

Untuk mempermudah pengelolaan absensi karyawan, Anda dapat memanfaatkan aplikasi absensi berbasis web. Aplikasi ini menjadi salah satu solusi terbaik yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola kehadiran secara digital, baik melalui desktop maupun perangkat mobile dengan platform iOS atau Android.

Selain memberikan kemudahan dan fleksibilitas, aplikasi absensi ini juga memungkinkan tim HR untuk mengelola data kehadiran dengan lebih akurat, efisien, dan biaya yang lebih terjangkau. Bahkan, beberapa aplikasi menawarkan fitur dan layanan secara gratis, menjadikan pilihan yang semakin menarik. 

 

Bagi Anda yang ingin beralih atau memperbaharui sistem absensi karyawan, berikut adalah beberapa daftar lengkap dan rekomendasi terbaik dari aplikasi absensi online berbasis web untuk Android & iOS. Aplikasi berikut ini dirancang untuk membantu perusahaan dan karyawan dalam mencatat kehadiran secara real-time dan akurat.


Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Berbasis Web Gratis
 

Berikut adalah 5 aplikasi absensi karyawan terbaik dan dapat dicoba secara gratis  untuk mengelola kehadiran karyawan di perusahaan Anda. 

 

1. Presensi.co.id

 

Presensi.co.id menjadi rekomendasi pertama untuk aplikasi absensi online berbasis web yang wajib Anda coba. Hal ini karena Presensi.co.id menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan aplikasi lainnya. Tidak hanya sekedar mencatat kehadiran karyawan saja, namun juga turut mendukung kelancaran operasional perusahaan, khususnya di departemen HRD dan sales.  

 

Dengan Presensi.co.id, pencatatan kehadiran karyawan dapat dilakukan secara mudah dan akurat melalui perangkat karyawan masing-masing, baik Android maupun iOS. Nantinya setiap proses clock-in dan clock-out dilengkapi dengan verifikasi GPS dan selfie, sehingga mampu meminimalisir potensi kecurangan. Selain absensi, fitur kunjungan sales juga terintegrasi dengan pelampiran selfie dan pelacakan lokasi untuk memastikan aktivitas lapangan.

Presensi.co.id adalah solusi aplikasi absensi online yang dirancang untuk mendukung efisiensi dan efektivitas kerja tim HR di berbagai sektor perusahaan, baik dalam skala kecil maupun besar. integrasi berbagai fitur penting seperti reimbursement, kasbon, lembur, izin, cuti, pengaturan shifting hingga perhitungan gaji otomatis. Selain itu Presensi.co.id juga menawarkan tampilan antarmuka yang ramah pengguna sehingga mudah diakses oleh siapa saja.

Aplikasi ini menyediakan berbagai paket yang fleksibel dan dapat disesuaikan kebutuhan perusahaan Anda, dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentunya dapat membantu menekan biaya administrasi tanpa mengurangi kualitas layanan HR. Menariknya, Presensi.co.id juga menyedikan masa uji coba gratis selama 2 bulan hingga 12 bulan, sehingga memberi kesempatan bagi perusahaan untuk menikmati manfaatnya sebelum berlangganan penuh. 

Baca juga: Software Penggajian Karyawan: Pengertian & Manfaat bagi Perusahaan


2. Clockify - Time Tracker 


Clockify adalah aplikasi absensi karyawan berbasis web yang menawarkan solusi gratis dengan fitur unggulan untuk mempermudah pengelolaan waktu kerja. Aplikasi ini dilengkapi dengan dua fitur utama, yaitu time tracer yang memungkinkan pencatatan waktu kerja secara real-time dan timesheet yang memudahkan pembuatan laporan absensi secara otomatis. Selain itu, Clockify juga menyediakan fitur evaluasi performa dan pemantauan proyek yang memungkinkan perusahaan untuk mengawasi kinerja karyawan dengan lebih efektif dan efisien. Dengan berbagai fitur lengkap ini, Clockify menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk diterapkan dalam perusahaan Anda. 


3. When I Work 


Aplikasi absensi online yang satu ini sangat sesuai untuk bisnis berskala kecil karena memiliki harga yang relatif terjangkau. Selain itu aplikasi When I Work dapat digunakan secara gratis selama 14 hari dengan jumlah karyawan tertentu.

Dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, aplikasi ini mempermudah pengelolaan shifting, pencatatan jam lembur, pemantauan absensi, pengiriman pesan tim, serta penjadwalan karyawan, menjadikan pilihan yang ideal untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen di perusahaan Anda. 


4. WiFi Attendance


WiFi Attendance adalah solusi absensi online yang unik karena tidak menggunakan fitur selfie atau GPS. Sebagai gantinya, aplikasi ini memanfaatkan jaringan WiFi perusahaan sebagai metode autentikasi kehadiran karyawan, menjadikan lebih praktis dan efisien. Meskipun sederhana, WiFi Attendance tetap menyediakan fitur time tracking serta rekapitulasi absensi karyawan secara otomatis, sehingga memudahkan HR dalam memantau kehadiran dan mengelola data absensi dengan lebih akurat. 


5. QuickBooks Time


QuickBooks Time merupakan aplikasi absensi online yang dirancang untuk memudahkan HR dalam memantau dan mengelola aktivitas karyawan secara real-time. Dilengkapi dengan fitur timesheet digital, aplikasi ini memungkinkan pencatatan jam kerja secara akurat, serta mendukung pembuatan jadwal kerja, manajemen waktu istirahat, hingga pelacakan durasi kerja setiap pegawai. Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur lengkap,  QuickBooks Time menjadi solusi ideal untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi pengelolaan waktu kerja di berbagai jenis usaha.
 

Kesimpulan 


Bagi para profesional HR atau pemilik bisnis, memilih aplikasi absensi online yang tepat bukan hanya tentang pencatatan kehadiran saja. Namun juga strategi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Presensi.co.id menjadi pilihan yang ideal karena tidak hanya menawarkan fitur dasar, tetapi juga berbagai keunggulan tambahan seperti keandalan dalam mencatat absensi secara akurat, fleksibilitas penggunaan berbagai perangkat dan tingkat keamanan data yang tinggi.

Aplikasi ini memungkinkan pengelolaan kehadiran karyawan yang lebih efektif dengan kemudahan akses dari mana saja dan menggunakan perangkat apapun, baik mobile maupun desktop, iOS atau Android. Presensi.co.id juga terintegrasi dengan sistem HR lainnya, memberikan solusi yang komprehensif untuk mendukung operasional perusahaan.

Jika Anda masih bingung memilih, Anda dapat mencoba fitur dalam aplikasi Presensi.co.id selama 2 bulan atau 12 bulan secara gratis terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dalam perusahaan Anda. Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan Presensi.co.id utuk mulai mengoptimalkan pengelolaan kehadiran karyawan secara efisien.

Artikel Terbaru

Presensi

Kantor

Jl. Khudori No.20b, RW.01, Gadingan, Wates, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55651

Kontak

+628979646346

[email protected]

Tersedia di

android
apple

© 2022. All rights reserved. Copyright Presensi.co.id

InstagramFacebookYoutube